Jakarta (ANTARA News) - Hasil survei yang dilakukan lembaga Indonesia Elections and Strategic (indEX) Research menunjukkan lima partai memiliki tingkat ambang batas parlemen yang aman. 

"PDI Perjuangan, Gerindra, Golkar, PKB, dan Demokrat berada pada posisi aman melewati ambang batas parlemen sebesar empat persen,” ujar Direktur Eksekutif indEX Research Vivin Sri Wahyuni dalam siaran pers di Jakarta, Sabtu.

Vivin mengatakan dari hasil survei indEX, kelima parpol itu meraih elektabilitas di atas ambang batas parlemen. 

PDIP menempati posisi puncak dengan raihan 25,7 persen, disusul Gerindra pada posisi kedua sebesar 14,7 persen.

“Gerindra berhasil menggeser Golkar ke posisi ketiga," kata Vivin. 

Posisi ketiga Golkar memeroleh elektabilitas 9,8 persen, posisi keempat PKB 7,5 persen dan kelima Demokrat 4,6 persen. 

Lebih jauh dia mengatakan enam parpol lain masih berpeluang untuk dapat menembus ambang batas, dengan memperhitungkan margin of error survei. 

Keenam parpol tersebut adalah Nasdem (3,5 persen), PPP (3,3 persen), PKS (3,2 persen), PAN (2,6 persen), PSI (2,3 persen), dan Perindo (2,2 persen). 

Sedangkan lima parpol terbawah yang dinilai berpotensi gagal mengirim wakil ke Senayan yakni Hanura (1,0 persen), PBB (0,9 persen), Berkarya (0,8 persen), PKPI (0,4 persen), dan Garuda (0,1 persen). 

Dia mengatakan masih terdapat sebanyak 17,4 persen responden yang menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab. Angka tersebut turun dibandingkan survei sebelumnya pada periode November 2018 sebesar 20,6 persen. 

Survei indEX Research dilakukan pada 17-28 Desember 2018, dengan jumlah responden 1.200 orang. Metode survei adalah multistage random sampling dengan margin of error plus minus 2,9 persen dan pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019