Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid (HNW) berpendapat bahwa untuk mengimplementasikan Pancasila rakyat harus meneladani para pendiri bangsa Indonesia.

“Sejarah telah menoreh dengan tinta emas bagaimana para pendiri bangsa kita bersama-sama merumuskan berbagai hal sangat penting negara Indonesia seperti sejarah penghapusan beberapa kata di Piagam Jakarta, sejarah perumusan teks Pancasila, sejarah penentuan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan lainnya sampai mosi integral,” kata Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid melalui siaran pers yang diterima Antara Jakarta, Jumat.

Hal tersebut disampaikan di hadapan para kader Program Kaderisasi Ulama (PKU) Universitas Darussalam (Unida) Gontor dalam acara Temu Tokoh dengan Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid di Kompleks Gedung MPR/DPR/DPD, Senayan, Jakarta.

Menurut HNW, rakyat saat ini harus meneladani para pendiri bangsa Indonesia dahulu, terutama soal toleransi, saling menghormati perbedaan yang ada, saling memahami demi tujuan utama yakni Indonesia merdeka, bermartabat dan memiliki visi luar biasa di masa depan.

Rakyat Indonesia saat ini, lanjut HNW, harus membaca dan mempelajari sejarah-sejarah tersebut sehingga bisa memahami betapa visionernya pemikiran para pendiri bangsa Indonesia dengan menyampingkan ego pribadi semuanya fokus tertuju pada kepentingan bersama sehingga berbagai perbedaan tidak lagi menjadi satu masalah.(ma)

 

Pewarta: Asri Mayang Sari
Editor: Jaka Sugiyanta
Copyright © ANTARA 2018