Jakarta (ANTARA News) - Calon Presiden Nomor Urut 01 Joko Widodo mengarahkan para relawan Bravo-5 untuk menyambangi rakyat secara langsung untuk menyampaikan program pembangunan pemerintah yang telah tercapai.
   
Jokowi yang mengenakan pakaian kemeja putih tiba di Ruang Pertemuan Putri Duyung Cottage, Ancol, Jakarta pada Senin sekitar pukul 19.00 WIB.
   
"Yang namanya "door to door" menjelaskan kepada orang yang belum tahu itu sangat diperlukan. Sekali lagi inilah sebetulnya pekerjaan besar kita menjelaskan kepada masyarakat apa yang telah kita lakukan," kata Jokowi saat memberikan arahan.
   
Jokowi mengungkap pengalamannya saat berkampanye saat pemilihan wali kota di Solo.
   
Jokowi melihat lanskap politik telah berubah dan masyarakat bosan dengan cara kampanye yang mengumpulkan massa.
   
Dia memilih untuk "blusukan" menemui masyarakat langsung dari rumah ke rumah di Kota Solo menyampaikan program yang dilaksanakan.
   
Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga mengungkap pada saat pemilihan wali kota Solo selanjutnya, dia "door to door" kepada masyarakat menjelaskan program sosial dan pembenahan perizinan yang telah dilakukannya.
   
Dia mengungkap pada saat itu berhasil meraih suara diatas 90 persen.
   
"Jadi yang diperlukan menurut saya adalah sebuah militansi menjelaskan kepada rakyat apa yang telah kita kerjakan dan nanti pada saat waktunya tiba, saya juga menjelaskan pekerjaan besar apa yang akan kita lakukan secara besar-besaran," ujar Jokowi.
   
Dalam acara tersebut, Jokowi didampingi oleh mantan Sekjen PDI Perjuangan Pramono Anung, Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Erick Thohir, Wakil Ketua TKN Moeldoko, dan Ketua Bravo-5, Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi.
   
Bravo-5 adalah organisasi relawan yang bertujuan memenangkan pemimpin yang benar-benar berkomitmen tinggi bagi pembangunan bangsa, dan bertekad memperjuangkan pasangan Capres-Cawapres Jokowi Ma’ruf Amin dalam pemilihan presiden 2019.
   
Jokowi dan Ma'ruf Amin merupakan Capres-Cawapres Nomor Urut 01 dalam Pemilihan Presiden 2019. Rival politiknya pada pilpres kali ini adalah Capres-Cawapres Nomor Urut 02 yakni Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

Baca juga: Aliansi Relawan Jokowi targetkan 1 juta posko pemenangan
Baca juga: Caleg PDIP galang relawan dukung Jokowi-Ma'ruf
Baca juga: Relawan Jokowi-Ma`ruf sasar suara milenial NTB

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018