Jakarta (ANTARA News) - Polda Metro Jaya akan merekayasa arus lalu-lintas saat laga Persija versus Mitra Kukar, di Stadion Gelora Utama Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu sore. Jika Anda akan berkendara di kawasan itu, baik juga jika menyimak hal ini. 

"Petugas akan mengatur arus lalu-lintas agar tidak mengganggu pengendara lain," kata Kepala Sub Direktorat Pembinaan dan Penegakkan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Budiyanto, di Jakarta Minggu.

Budiyanto menyatakan, personel polisi juga akan mengawal kendaraan rombongan pemain dan ofisial Persija dan Mitra Kukar dari tempat penginapan menuju stadion dan sebaliknya.

Selain itu, polisi menyiapkan rekayasa atau pengalihan arus kendaraan secara situasional guna menghindari kepadatan di sekitar Stadion Gelora Bung Karno.

Rekayasa arus lalu-lintas akan diterapkan di wilayah jembatan layang Senayan dan Ladogi; Jalan Pintu 1 Senayan dan Pertigaan FX Sudirman; lampu lalu-lintas di Jalan Asia Afrika; dan lampu lalu-lintas di Jalan Lapangan Tembak.

"Kendaraan dari arah Semanggi akan dibuat lurus ke arah Slipi, sementara kendaraan dari traffic light Lapangan Tembak diarahkan lurus naik flyover atau belok kiri ke arah Slipi," sebut Budiyanto.

Oleh karena itu, ia menambahkan, tidak ada kendaraan yang memutar di jembatan layang Senayan. "Kendaraan dari arah Slipi juga dibuat lurus ke Semanggi, tidak ada yang menuju ke Jalan Gerbang Pemuda," jelas Budiyanto.

Selain itu, Jalan Pintu I Senayan dan kawasan pertigaan FX Sudirman akan ditutup untuk umum. Alhasil, kendaraan dari arah Bundaran Senayan akan dibuat lurus ke Semanggi.

Jalan yang mengarah ke Pintu 1 Senayan akan ditutup, artinya, kendaraan dari arah selatan (Senayan City) akan dibuat lurus menuju lampu lalu-lintas Lapangan Tembak," tutur Budiyanto.

Sementara itu, kendaraan dari arah utara akan dibuat lurus menuju Bundaran Senayan.

Terakhir, Budiyanto menjelaskan arus lalu-lintas dari arah lampu lalu lintas Palmerah dibua berbelok ke kiri  menuju flyover Senayan. Tidak hanya merekayasa arus lalu-lintas, jajaran Polda Metro Jaya turut memastikan keamanan para pemain dari dua klub beserta pendukungnya.

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018