Ini dibuat untuk sekolah Indonesia yang akses informasi dan Internet masih terbatas
Jakarta (ANTARA News) - Komunitas Semua Murid Semua Guru (SMSG) punya target mengirim 10.000 flashdisk berisi video belajar dan video profesi untuk sekolah-sekolah di Indonesia yang membutuhkan.

Najeela Shihab, pendiri SMSG, menjelaskan gerakan tersebut sudah dimulai sejak Mei 2018 dan masih akan berlangsung hingga tahun depan. SMSG adalah komunitas yang jadi wadah alternatif dan jaringan untuk menyatukan keterlibatan seluruh aktor pendidikan.

"Ini dibuat untuk sekolah Indonesia yang akses informasi dan Internet masih terbatas, jadi konten digital dikirim secara offline," kata Najeela pada ANTARA di Festival Relawan 2018, Jakarta, Sabtu.

Gerakan Kirim Budi adalah bentuk kerja bersama yang melibatkan banyak pihak dari berbagai latar belakang. Menurut Najeela, ada ribuan relawan yang berpartisipasi, mulai dari membuat konten, mengumpulkan donasi hingga menyalin data ke flashdisk, kemudian mendistrisibusikan ke sekolah-sekolah di 130 kota kabupaten.

"Batch pertama sudah dikirm ke 1450 sekolah, mudah-mudahan kalau banyak yang ikut donasi konten sampai flashdis, bisa semakin cepat sesuai target," ujar dia.

Najeela menjadi salah satu pembicara panel "Kerelawanan dalam Peningkatkan Akses, Kualitas dan Kesetaraan Pendidikan" di Festival Relawan 2018.

Najeela mengatakan kemajuan sebuah bangsa terletak pada kualitas dan kesetaraan pendidikan bagi generasi sebuah bangsa. 

"Semua pihak perlu mendukung upaya menuju perubahan Pendidikan,” ucap Najelaa.

Dia menambahkan faktanya ada 4,1 juta anak Indonesia putus sekolah atau tidak sekolah dan hanya 30 persen anak SMP yang memahami dan bisa baca tapi hanya dengan kalimat sederhana.

Baca juga: Berbagi kebaikan di Festival Relawan 2018

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2018