Jakarta (ANTARA News) - Seorang warga negara Indonesia (WNI) bernama Radhwa Athaya Yulianzika yang sempat dilaporkan hilang di Osaka, Jepang, telah ditemukan dan dalam kondisi baik menurut pejabat Kementerian Luar Negeri.

"Kementerian Luar Negeri sudah menyampaikan kepada keluarga bahwa Radhwa sudah ditemukan dan dalam kondisi baik," kata Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri Lalu Muhammad Iqbal melalui pesan singkat di Jakarta, Rabu.

Saat ini Kementerian Luar Negeri sedang mengurus pemulangan Radhwa.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Arrmanatha Nasir kepada beberapa wartawan di Jakarta pada Senin (26/11) mengatakan KJRI Osaka melakukan upaya pencarian setelah mengetahui kabar hilangnya Radhwa dari media sosial.

Selain berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan imigrasi, KJRI Osaka menghubungi universitas tempat Radhwa pernah menempuh pendidikan di Jepang.

Menurut keterangan keluarga, Radhwa bermukim di Osaka sejak 2015 untuk menempuh pendidikan bahasa dan anime. Ia disebut pernah bekerja di sebuah perusahaan properti Jepang.

Perusahaan tempat Radhwa bekerja menyatakan bahwa dia sudah berhenti bekerja sejak Juli dan pindah dari apartemennya di Osaka.

Radhwa dilaporkan hilang setelah keluarga sulit menghubungi dia.

Baca juga: KJRI Osaka bantu kepulangan WNI yang hanyut
 

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018