Muhammadiyah dukung "Pamekasan Hebat" melalui generasi Qurani

id Muhammadiyah Pamekasan,dukung Pamekasan Hebat,generasi Qurani

Pawai Hari Santri Di Sidoarjo Sejumlah siswa Muhammadiyah melakukan pawai peringatan Hari Santri Nasional di Waru, Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (22/10). Pemerintah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional. (ANTARA FOTO/Umarul Faruq)

Pamekasan, Jatim (ANTARA News) - Organisasi sosial keagamaan Muhammadiyah mendukung program "Pamekasan Hebat" yang dicanangkan Pemkab Pamekasan, Jawa Timur melalui pembentukan generasi Qurani.

Menurut Sekretaris Majelis Tabligh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Pamekasan, Azis Maulana, Kamis di Pamekasan, pembentukan generasi muda Qurani itu akan dilakukan Muhammadiyah dengan cara melakukan seleksi para pemuda penghafal Al Quran.

"Muhammadiyah berkepentingan ikut mendukung dan menyukseskan program 'Pamekasan Hebat' yang dicanangkan Pemkab Pamekasan, karena misinya, yakni terwujudnya tatanan masyarakat kreatif, inovatif, berlandaskan nilai-nilai ke-Islam-an," ujar Azis.

Azis yang juga dosen di Institut Agama Islam (IAI) Al-Khairat, Pamekasan ini lebih lanjut menjelaskan, pembentukan generasi Qurani dengan melakukan seleksi kepada remaja dan anak-anak muda penghafal Al Quran itu, dengan memanfaatkan momentum Milad ke-109 Muhammadiyah.

Dalam kegiatan yang akan digelar 2 Desember 2018 itu, Muhammadiyah Pamekasan akan menggelar lomba Hifdzil Quran 30 juz untuk anak usia 12 tahun.

Milad yang mengambil tema "Muhammadiyah Merekat Kebersamaan Menuju Indonesia Berkemajuan" ini juga sebagai program pendukung Pemkab Pamekasan, yakni "Pamekasan Hebat" karena memiliki kepentingan yang sama.

Menurut Azis Maulana, "Pamekasan Hebat" merupakan cita-cita ideal yang hendak diwujudkan kepemimpinan Bupati Pamekasan Baddrut Tamam dan Wakil Bupati Raja`e yang dikenal dengan pasangan "Berbaur" itu  sebagai bagian dari semangat untuk membangun.
 
Selain itu, tata kelola pemerintah yang baik, bersih, dan bermartabat, berlandaskan nilai-nilai moral Islam yang mengharuskan penganutnya berbaik sangka (husnus dzon), dengan mengacu kepada landasan ideologis dan kerja kemanusiaan, yakni beriman, berilmu dan beramal.

"Kesamaan inilah visi dan misi perjuangan keummatan inilah yang membuat Muhammadiyah Pamekasan komitmen mendukung kepemimpinan 'Berbaur' dalam mewujudkan cita ideal 'Pamekasan Hebat'," katanya.

Oleh karenanya, sambung dia, "tageline" Pemkab Pamekasan tentang "Pamekasan Hebat" juga menjadi "tageline" lomba Tahfidz Al Quran yang digelar Muhammadiyah Pamekasan.

Baca juga: Muhammadiyah Surabaya tolak upaya dibukanya kembali Dolly
Baca juga: Wapres resmikan gedung baru Universitas Muhammadiyah Surabaya
Baca juga: Pasangan Badrut-Raja'e menang di Pamekasan berdasarkan hitung cepat

Pewarta : Abd Aziz
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar