Indonesia mendukung sepenuhnya proses perdamaian ini
Singapura (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo menyampaikan dukungan bagi perdamaian Korea Selatan dan Korea Utara saat KTT Ke-20 ASEAN-Korea Selatan di Singapura.

"Di tengah banyak ketidakpastian, muncul beberapa harapan. Antara lain harapan akan terwujudnya Semenanjung Korea yang aman dan stabil. Harapan baru tersebut tidak akan terjadi jika tidak terdapat tekad kuat Presiden Moon untuk mengupayakan perdamaian," kata Presiden Jokowi, Rabu di Pusat Konvensi Suntec, Singapura.

Menurut Presiden, Indonesia menyambut baik perkembangan proses perdamaian di Semenanjung Korea dan hal itu sangat diapresiasi oleh dunia.

Indonesia adalah negara yang bersahabat baik dengan dua Korea, yakni Korea Selatan dan Korea Utara sejak puluhan tahun lalu.

"Indonesia mendukung sepenuhnya proses perdamaian ini. Pesan dukungan ini telah disampaikan secara konsisten antara lain pada saat pertemuan saya dengan PM Korea Selatan dan Utusan Khusus Korea Utara menjelang pembukaan Asian Games 18 Agustus lalu," demikian Presiden dalam keterangan Deputi Protokol, Pers dan Media Setpres Bey Machmudin.

Kendati demikian, tambah Presiden, upaya perdamaian masih membutuhkan waktu hingga tercipta perdamaian dan stabilitas di Semenanjung Korea.

Indonesia, tegas Presiden, akan tetap berkomitmen untuk mendukung dan turut andil dalam upaya perdamaian di Semenanjung Korea.

Secara khusus Presiden Joko Widodo juga menyampaikan usulan untuk mengundang pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, dalam peringatan 30 tahun kerja sama ASEAN dan Korea Selatan yang akan berlangsung pada 2019 mendatang, jika semua perkembangan positif terus terjadi.

"Semoga dengan pertemuan tersebut maka komitmen Korea Utara akan semakin kuat untuk melakukan langkah menuju Semenanjung Korea yang bebas nuklir. Ke depan, Insya Allah kita akan melihat ASEAN dan dua Korea menjadi pilar penting arsitektur perdamaian dan kemitraan di kawasan demi stabilitas, keamanan, dan kesejahteraan bersama," jelas Presiden dalam pertemuan tertutup itu.

Presiden Jokowi hadir dalam pertemuan KTT Ke-20 ASEAN-Korea Selatan yang dipimpin oleh Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong bersama Presiden Moon Jae-in.

Selain itu, Kepala Negara juga telah mengikuti beberapa KTT ASEAN dengan negara mitra sejak Rabu pagi seperti dengan Australia, RRT, dan Rusia.

Baca juga: Indonesia dukung stabilitas-perdamaian di Semenanjung Korea
Baca juga: Indonesia dukung perdamaian semenanjung Korea

 

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2018