Total jumlahnya ada 48 rumah pompa, dengan jumlah pompa sekitar 150 pompa. Semua kondisi pompa stasioner dalam kondisi baik
Jakarta (ANTARA News) - Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Barat (Sudin SDA Jakbar) memfungsikan 150 pompa air untuk mencegah banjir di wilayah tersebut lantaran memasuki musim penghujan.

Baca juga: Polisi siagakan personel antisipasi banjir di Jakbar

"Total jumlahnya ada 48 rumah pompa, dengan jumlah pompa sekitar 150 pompa. Semua kondisi pompa stasioner dalam kondisi baik," ujar Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Barat Imron di Jakarta, Selasa.

Imron merinci, jumlah rumah pompa tersebur berasal dari 35 rumah pompa stasioner tersedia 100 pompa yang dikelola Sudin SDA Jakarta Barat, dan 13 rumah pompa terdapat 50 pompa yang dikelola Dinas SDA Provinsi DKI Jakarta.

Baca juga: Ada lebih 30 titik rawan banjir di Jakarta

"Di rumah pompa kita ada petugas operator pompa yang kita buat tiga shift per delapan jam mereka berganti, semuanya siaga untuk menghadapi musim hujan ini dan selalu melakukan pengecekan pompa. Ditambah lagi mereka juga punya pompa mobile," lanjut dia.

Untuk beberapa titik banjir tertentu, Imron telah mempersiapkan 24 pompa "mobile" dapat bergerak guna mengatasi genangan yang akan terjadi.

Baca juga: BPBD DKI imbau warga antisipasi rob

Selain fasilitas tersebut, Imron mengatakan pihaknya mempersiapkan sejumlah petugas pada delapan wilayah kecamatan untuk mengantisipasi banjir di lingkungan warga dengan pengurangan dan pengurasan pada saluran tepi jalan maupun tikungan.

Pada delapan kecamatan yang ada di Jakarta Barat, telah dikerahkan 100 petugas penyedia jasa lainnya perorangan (PJLP), ditambah dengan sejumlah petugas dari Sudin SDA akan bersiaga mengurangi banjir setiap hari.

Baca juga: Ratusan jiwa terkena dampak banjir di Jakarta

Sementara itu, pengerukan dengan alat berat juga dikerjakan di sejumlah titik sebagai upaya mengurangi dampak genangan. Imron menyebut pengerukan tersebut sudah dilakukan di Jalan Pesanggrahan Kedoya Selatan dan Jalan Peternakan Raya.

"Insyaallah siap dalam menghadapi musim hujan," tandasnya.

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2018