Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengguyur bonus dan penghargaan kepada "kafilah" DKI Jakarta yang berhasil menjadi juara pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXVII Tahun 2018 yang dihelat Provinsi Sumatera Utara.

Dilaksanakan di Kompleks Balai Kota Jakarta, Kamis, Anies menyerahkan langsung bonus dari Pemprov DKI Jakarta kepada para juara dari kafilah Ibu Kota. Untuk juara I diberikan bonus sebesar Rp100 juta, juara II Rp70 juta, juara III Rp50 juta, harapan I Rp25 juta, harapan II Rp20 Juta dan harapan III Rp15 juta.

"Saya minta bonus ini bisa dimanfatkan dengan sebaik-baiknya oleh para juara," kata Anies selepas acara.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan penghargaan dan hadiah pada kafilah DKI Jakarta yang menjadi juara umum pada MTQ nasional XXVII. (Antara/Ricky Prayoga)


Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mengatakan bahwa dirinya bersyukur dengan prestasi dari Kafilah Provinsi DKI Jakarta yang bisa kembali menjadi juara umum, setelah terakhir menjadi juara umum 2012 lalu.

"Selain silat, membaca Al Quran sudah menjadi kebiasaan dan tradisi masyarakat Betawi. Namun, prestasi yang berhasil ditorehkan pada MTQ Nasional itu karena sudah melalui perjuangan dan latihan yang sudah sejak lama. Selain itu, ikhtiar dan doa bersama yang dikabulkan oleh Allah SWT. Alhamdulillah rasanya senang sekali," kata Anies.

Anies berharap agar kafilah yang menjadi juara dalam MTQ tersebut dapat menjadi inspirasi dan contoh untuk generasi muda Jakarta. Sama halnya dengan para atlet dari DKI yang berhasil pada Asian Games dan Asian Para Games 2018.

"Bahkan kepada para walikota di Jakarta saya minta untuk memajang foto para juara tersebut," ujar Anies.

Dengan jadi juara umun ini, mantan Rektor Universitas Paramadina itu menargetkan DKI bisa juara umum berturut-turut selama tiga kali kedepan dengan cara membuka kesempatan kepada siapapun warga DKI Jakarta untuk bisa ikut serta.

"Atas nama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengucapkan terima kasih kepada pelatih yang terlibat. Meraih juara perlu kerja keras kalau menjaga lebih keras lagi dan untuk kita bisa mempertahankan juara, perlu dibuka kesempatan seluas-luasnya pada masyarakat agar bisa turut serta. Caranya dengan meritokrasi peserta MTQ ini," ujarnya.

Dalam MTQ tahun 2018 kali ini, perwakilan DKI Jakarta berhasil meraih 10 emas, 3 perak, dan 5 perunggu dan dikukuhkan menjadi juara umum.

Baca juga: Wapres menutup MTQ Nasional ke-27

Baca juga: Presiden ajak bumikan Al Quran

 

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018