Sukabumi (ANTARA News) - Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Sukabumi menyatakan, ada lebih dari seribu gay atau lelaki seks lelaki (LSL) di Sukabumi, Jawa Barat, dari hasil pemetaan sekaligus pendataan yang dilakukan pihaknya sepanjang 2018.

 "Gay pada 2015 sebanyak 1.320 orang, namun 2017 menurun menjadi 1.080 orang dan untuk 2018 ini jumlahnya masih di angka seribuan, namun masih dalam pendataan dan pemetaan," kata Ketua KPA Kota Sukabumi, Achmad Fahmi, di Sukabumi, Sabtu.

Mayoritas gay yang ada di Kota Sukabumi berusia produktif yakni dari 15 hingga 40 tahun.

Menurutnya, ada beberapa faktor yang menyebabkan masih banyaknya gay, antara lain pergaulan bebas, kondisi keluarga yang tidak harmonis, kurangnya pemahaman agama dan lain-lain.

 Keberadaan gay ini makin menjadi sorotan. Karena itulah, KPA berupaya memberikan pemahaman kepada kaum gay yang ada di Kota Sukabumi agar kembali hidup sehat.

Kepada kaum penyuka sesama jenis yang sudah bisa dijangkau, pihaknya selalu memberikan penyuluhan agar bisa lebih dekat dengan agama. "Tapi yang sangat penting jika ingin sembuh, mereka harus keluar dari kelompoknya."

 Menurut dia, menyembuhkan gay ini sangat tergantung dari keinginan si gay itu sendiri, karena kelainan seksual itu bukan disebabkan oleh sakit jiwanya, tetapi orientasi seksualnya yang sebelumnya normal jadi menyimpang karena sejumlah faktor.

Kepada masyarakat pihaknya juga menyadarkan tentang pentingnya ketahanan keluarga. "Biasanya seseorang yang mengalami kelainan seksual karena faktor ketahanan keluarga sehingga tidak betah di rumah dan mencari pengakuan di luar rumah, akibatnya terjerumus," ujar Fahmi.

 Dia mengatakan KPA sebagai lembaga kemanusiaan juga terus berupaya memberikan berbagai pemahaman kepada kaum gay yang merupakan kelompok paling rawan penyebaran HIV/AIDS.

Pihaknya juga sudah memberikan imbauan kepada gay agar meredam aktivitasnya yang bisa menularkan atau tertular HIV/AIDS itu.

Mereka, ujar dia meyakinkan, harus bisa disembuhkan sebab orang sakit pasti bisa disembuhkan.  

 "Sudah ada beberapa gay yang menikah dengan lawan jenis, tetapi memang ada juga yang menikah dengan wanita tetapi masih suka berhubungan seksual dengan sesama jenis. Kami pun menyiapkan berbagai progam untuk penanggulangannya setelah hasil pendataan dan pemetaan selesai," katanya.


Baca juga: Para korban prostitusi gay mayoritas asal Jabar
Baca juga: Polres Garut cari pembuat grup "gay" di facebook
Baca juga: Polisi amankan 23 pria gay pesta ekstasi
Baca juga: Polisi bongkar kelompok gay penyasar anak di Kalbar


 

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2018