Solo (ANTARA News) - Indonesia rentan digoyang berita bohong (hoaks) karena masyarakatnya kadang tidak mau membaca lebih dalam kebenaran informasi yang diperoleh, kata putri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid, Yenny Wahid

Yenny Wahid menegaskan bahwa masyarakat tidak mencoba berpikir kritis.

"Jika diberikan info ditelan mentah-mentah. Hal ini sangat berbahaya," kata Yenny Wahid di Solo, Selasa.

Menurut dia, soal hoaks memang ada beberapa negara yang berujung konflik antarkelompok masyarakat hingga sekarang.

Menyinggung kasus hoaks Ratna Sarumpaet, menurut Yenny, dampaknya luar biasa dan tidak bisa diterima. Akibatnya, ada provokasi-provokasi yang terjadi di tengah masyarakat sehingga suasana menjadi panas menjelang Pemilu 2019.

"Bayangkan jika hoaksnya tidak terungkap oleh aparat keamanan, seperti apa kita ke depan? Masyarakat dicampur aduk perasaannya," kata Yenny.

Kendati demikian, lanjut dia, dalam menangani permasalahan hoaks tidak boleh cepat terbawa emosi, semua pihak harus bisa menahan diri.

"Kita jadikan kasusnya Ratna Sarumpaet ini sebagai pelajaran kita semua untuk selalu kroscek jika ada isu. Jangan langsung dikomentari," kata Yenny.

Yenny menggatakan bahwa semua pihak boleh menonjolkan kelebihan dari pasangan calon masing-masing dalam berpolitik, sebaliknya tidak boleh menjelek-jelekkan atau menggunakan hoaks yang akhirnya bisa memicu konflik.

"Mau memenangkan pasangan calonnya silakan. Namun, jangan memakai hoaks karena dapat membakar rumah sendiri," kata Yenny.

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Sigit Pinardi
Copyright © ANTARA 2018