Bandung (ANTARA News) - Pelatih Persib Bandung, Mario Gomez, mengaku heran terhadap sanksi berat yang dijatuhkan Komisi Disiplin PSSI kepada timnya yang dianggap terlalu berat.

"Mario tidak mengerti dengan situasi ini. Dia tidak pernah melihat yang seperti ini sebelumnya. Kasihan dia," ujar asisten pelatih Persib, Fernando Soler, mewakili Gomez di Bandung, Rabu.

Soler mengatakan, sanksi ini baru dialami Gomez sepanjang karir kepelatihan di berbagai negara. Gomez tidak pernah merasakan timnya dikenai sanksi seberat ini.

Menurutnya, sanksi ini berdampak sangat besar terhadap tim serta manajemen. Apalagi larangan bertanding di pulau Jawa hingga akhir musim kompetisi yang membuat banyak kerugian bagi pendukung Persib.

"Suporter dan pemain juga kasihan. Apalagi pemain, karena mereka kerja keras di lapangan tiap hari melawan panas dan hujan," ujarnya.

Tidak hanya Gomez, striker Jonathan Bauman yang disanksi larangan dua kali bermain akibat menyikut pemain lawan, juga merasakan hal serupa. Senasib dengan Gomez, sanksi seperti itu baru kali ini didapatkan Bauman.

"Jonathan telepon saya dan saya bilang sabar saja. Dia jujur sedih dan bilang ini baru pertama kena (hukuman) seperti ini," kata Soler.

Soler mengakui hukuman yang diberikan PSSI membuat timnya sedikit kehilangan fokus. Tapi, secara perlahan tim pelatih akan mengembalikan mental seluruh pemain agar kembali siap tempur.

Soler juga masuk dalam deretan sanksi yang dijatuhkan PSSI. Ia tidak boleh memasuki stadion hingga akhir musim kompetisi Liga 1 Indonesia 2018 karena dinilai mengintervensi wasit.

"Karena itu saya tidak mengerti. Kalau ada situasi seperti itu (dinilai mengintervensi), harusnya dipanggil dulu di depan wasit, orang Komdis," katanya.

Apalagi saat penjatuhan sanksi, ia dan para pemain, tidak pernah dimintai keterangan lebih dulu oleh PSSI, hal itu pun membuatnya geram.

"Terserah mereka mau bikin (sanksi) apa, saya tidak bisa bicara lagi," katanya.

Baca juga: Asprov PSSI DKI anggap sanksi untuk Persib terlalu ringan
Baca juga: Supardi harap banding Persib diterima PSSI
Baca juga: Umuh : Sanksi bagi Persib tidak mendasar


(KR-ASP/D011)

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018