Magelang, Jawa Tengah (ANTARA News) - Balai Ekonomi Desa Ngadiharjo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, menjadi tempat penyambutan para delegasi Sidang Umum Dewan Perempuan Internasional (ICW) ke-35 yang akan mengunjungi kawasan candi terbesar di dunia itu pada 18-19 September 2018.

"Untuk penyambutan kita pusatkan di sini, makan malam dan hiburan kesenian, kemudian masing-masing delegasi akan 'check in' penginapan mereka di masing-masing Balkondes yang sudah kita pilih," kata Ketua Panitia Pelaksana Sidang Umum ke-35 'International Council of Women' (ICW) dan Temu Nasional Seribu Organisasi Perempuan Indonesia, Gatot Subagio di Ngadiharjo, Selasa.

Menurut Manajer Balkondes Ngadiharjo Iwan Widyatmoko, rangkaian acara penyambutan delegasi ICW meliputi pertunjukan tari Topeng Ireng Putri, gamelan karawitan, tari Prajuritan Soreng, bermain angklung bersama, dan pelepasan lampion.

"Semua penampil berasal dari Ngadiharjo, Topeng Ireng dan karawitan ini khas daerah Magelang," kata Iwan.

Iwan mengatakan, enam anggota delegasi dari India, Lebanon, Taiwan, Korea Selatan, Malta, dan Indonesia akan menginap di enam paviliun yang tersedia di Balkondes Ngadiharjo.

Keenam orang tersebut merupakan Presiden ICW Kim Jung Sook dari Korea Selatan dan lima wakil presiden ICW yang baru saja terpilih dalam sesi hari ketiga Sidang Umum ICW pada 15 September 2018 dan akan bertugas untuk periode tiga tahun ke depan 2018-2021, yakni Pushpa Hedge (India), Jamal Hermes (Lebanon), Linda Liu (Taiwan), Doris Bingley (Malta), dan Giwo Rubianto Wiyogo (Indonesia).

Termasuk enam pengurus ICW tersebut, total 70 anggota delegasi asing akan menginap di 19 Balkondes yang dikembangkan BUMN bersama masyarakat desa di kawasan Borobudur, yakni PLN di Ngadiharjo, Pertamina di Wringin Putih, TWC Borobudur di Ngaran 2, Bank Mandiri di Kenalan, Patra Jasa di Kembang Limus, PGN di Karangrejo, BNI di Wanurejo, Pegadaian di Ngargogondo, Telkom di Tuksongo, Angkasa Pura II di Tegal Arum, BTN di Karanganyar, Angkasa Pura 1 di Bigaran, Pembangunan Perumahan di Bumiharjo, Jasa Marga di Majaksingi, Jasa Rahardja di Giri Tengah, Hutama Karya di Kebonsari, PT PN Holdin di Sambeng, dan BRI di Tanjungsari.

Ke-70 anggota delegasi tersebut berasal dari India, Lebanon, Taiwan, Korea Selatan, Malta, Australia, Filandia, Prancis, Kanada, Afrika selatan, Guatemala, Turki, Tunisia, Swiss, Singapura, Amerika Serikat, Filipina, Selandia Baru, dan Belanda.

Selain para anggota delegasi tersebut, belasan peserta Sideng Umum ICW ke-35 dari Kongres Wanita Indonesia (KOWANI) juga berpartisipasi dalam kunjugan ke Borobudur dan menginap di 19 Balkondes tersebut. 

Pewarta: Azizah Fitriyanti
Editor: Gusti Nur Cahya Aryani
Copyright © ANTARA 2018