Yogyakarta (ANTARA News) - Staf Khusus II Menteri BUMN Judith Dipodiputro mengatakan dunia perlu mendengar suara perempuan Indonesia sehingga keterwakilan di Dewan Perempuan Internasional (ICW) sangat penting.

"Dunia perlu mendengar aspirasi perempuan Indonesia, di mana hampir separuh dari 260 juta penduduk Indonesia adalah perempuan, artinya suara-suara perempuan Indonesia penting dan perlu disampaikan secara independen, yaitu melalui ICW," kata Judith dalam jumpa pers Temu Nasional Seribu Organisasi Perempuan dan Sidang Umum ke-35 Dewan Perempuan Internasional (ICW) di Hotel Inna Malioboro, Yogyakarta, Sabtu.

Judith menambahkan, BUMN sebagai pendukung penyelenggaraan Sidang Umum ICW ke-35 dan Temu Nasional Seribu Organisasi Perempuan Indonesia pada 13-18 September 2018, sengaja melibatkan diri karena melihat potensi peran perempuan Indonesia jika diberdayakan.

"BUMN melibatkan diri karena menempatkan diri sebagai agen pembangunan, kalau kita melihat kemarin di temu nasional, ribuan peserta dari berbagai organisasi yang bernaung di Kowani dari seluruh Indonesia, maka ini dahsyat jika bisa gerakkan untuk kesejahteraan rakyat," kata staf khusus yang bertugas memantau dan mengevaluasi kebijakan inisiatif strategi BUMN dan sinkronisasinya dengan program prioritas pembangunan nasional serta pelaksanaannya itu.

Berdasarkan data Kowani, saat ini jumlah anggota organisasi perempuan tersebut mencapai 62 juta orang yang tersebar di 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Salah satu langkah konkret BUMN untuk bersinergi dengan Kowani adalah melalui Pasar Rakyat Nusantara yang dibuka di lobi Hotel Grand Inna Malioboro, tempat sidang umum dan temu nasional berlangsung.

"Mungkin ada teman-teman yang bertanya, kok cuma sedikit pesertanya? Sebenarnya karena ini adalah 'teaser' agar para peserta yang semuanya perempuan ini tergoda untuk mencari lagi produk serupa di Malioboro," kata Judith.

Meskipun ditujukan sebagai "teaser" atau penarik minat bagi para peserta, namun jumlah transaksi di Pasar Rakyat sejak pembukaan pada Kamis (13/9) hingga Jumat (14/9) mencapai sekitar Rp300 juta.

"Angka ini besar untuk UKM, dan transaksi diperkirakan akan terus ada hingga hari terakhir pada tanggal 18 nanti," kata Judith.

Pasar Rakyat Nusantara diikuti 16 UKM binaan BUMN yang tergabung dalam Rumah Kreatif BUMN (RKB) dari seluruh Indonesia, yang pada awalnya dilakukan sendiri-sendiri oleh berbagai perusahaan BUMN.

"Jadi tujuan RKB ini untuk menyatukan UKM-UKM binaan yang tadinya dilakukan secara sporadis, nah ini kita wadahi supaya lebih bersinergi," kata Judith.

Selain itu, keterlibatan BUMN untuk mendukung peran perempuan Indonesia secara nasional dan internasional juga akan dilakukan dengan mengajak delegasi ICW dari luar negeri untuk mengunjungi Balai Ekonomi Desa (Balkondes), sebuah komplek desa wisata di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, yang dikelola 20 BUMN untuk meningkatkan perekonomian setempat berbasis masyarakat.

Pewarta: Azizah Fitriyanti
Editor: Gusti Nur Cahya Aryani
Copyright © ANTARA 2018