Samarinda  (ANTARA News) - Peraih medali emas cabang olahraga pencak silat Asian Games 2018 Iqbal Chandra Pratama sudah terpantau bakal menjadi pesilat andal sejak masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD).

Menurut pembina Ikatan Pencak Silat ( IPSI) Kaltim Ego Arifin di Samarinda, Rabu, bakat Iqbal mulai muncul saat kejuaraan antar pelajar se-Kaltim tahun 2018 di Samarinda.

Ego mengatakan saat itu Iqbal tergabung dalam kontingen pelajar kota Bontang, dan ikut berkiprah mengikuti Pekan Olahraga Pelajar Provinsi di Kaltim untuk usia Sekolah Dasar.

"Saya dan teman-teman pelatih di IPSI Kaltim sudah melihat potensi besar yang dimiliki oleh Iqbal, sehingga kami tawarkan kepada pelatihnya?untuk masuk di PPLP atau SKOI Kaltim, supaya mendapatkan pembinaan yang lebih terarah," kata Ego.

Satu tahun bergabung dengan SKOI Kaltim dibawah asuhan pelatih Surya Ganda dan Sofyan, bakat Iqbal mulai terasah, dan kiprahnya langsung melejit dengan? meraih sejumlah gelar di kejurnas pelajar baik resmi maupun open turnamen.

Ego melanjutkan, karena potensi dan bakatnya tersebut pada tahun 2013, Iqbal sudah mencicipi kejurnas senior meskipun secara usia Iqbal masih masuk di kategori junior.

"Saat itu memang dia belum meraih gelar juara, tapi beberapa kali dia bisa menembus babak final untuk kejurnas Senior, bagi saya itu merupakan prestasi yang luar biasa, karena di usianya yang masih belia ternyata Iqbal bisa menyaingi para seniornya," kata Ego.

Kegigihan dan semangatnya dalam berlatih ditambah nilai santun kepada para pelatihnya membuat kemampuan Igbal semakin matang di atas arena.

Pada Prakualifikasi PON 2016 region II, di Samarinda, Kaltim tahun 2015, Iqbal membuat kejutan setelah mengalahkan juara PON dari Jawa Timur.

Sayangnya, sukses Iqbal di Pra-PON tidak bisa berlanjut pada PON 2016 di Jawa Barat, Iqbal hanya mampu meraih medali perak setelah takluk di laga final menghadapi atlet dari Jawa Tengah.

"Potensi yang saya lihat dari awal, cara bertanding Iqbal utamanya saat menyerang dan bertahan sangat bagus padahal ketika itu dia masih usia SD. Selain itu postur tubuhnya juga ideal untuk menjadi pesilat andal, makanya dengan raihan medali yang dicapai Iqbal di Asian Games 2018, kami para pembina silat Kaltim juga merasa bangga," tegas Ego.

Berikut profil pesilat Iqbal Pratama

Nama: Iqbal Chandra Pratama

Lahir: 12 Mei 1996

Orang tua: Marzuki dan Mairina Nawi

- Anak Pertama dari dua bersaudara

Perguruan: Tapak Suci Prestasi:

Medali Emas ASEAN University Games 2016

Medali perak PON 2016

Medali emas Belgian Open 2018

Medali emas Test Event Asian Games 2018

Medali emas Asian Games 2018.
 

Pewarta: Arumanto
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2018