Jakarta, (ANTARA NEWS) 25/8 - Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid mengharapkan warga bangsa bahwa kedaulatan sekarang ini ada di tangan rakyat, karena itu rakyat jangan golput dalam pemilu mendatang.

"Rakyatlah yang akan menghadirkan Indonesia yang lebih baik melalui peran serta mereka. Karena itu jangan Golput. Jangan juga mengkafirkan Indonesia. Jangan juga menthogutkan Indonesia. Ini adalah negara Anda sendiri, negara kita semua," kata Hidayat Nur Wahid usai menyampaikan sosialisasi Empat Pilar MPR kerjasama MPR dan Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah di SMA Muhammadiyah Cipanas, Jawa Barat, Sabtu (25/8).

Lebih lanjut Hidayat mengharapkan dalam tahun politik ini, warga bangsa memahami bahwa kedaulatan sekarang ini ada di tangan rakyat. Karena itu , tambahnya rakyat jangan golput.

"Pemilu adalah salah satu bab baru dalam UUD NRI tahun 1945. Dalam tahun politik ini sangat penting warga bangsa memahami bahwa kedaulatan sekarang ini ada di tangan rakyat," kata Hidayat Nur Wahid.

Menurut Hidayat, rakyatlah yang menentukan Indonesia yang lebih baik di masa depan.

Hidayat menjelaskan Indonesia adalah negara warisan perjuangan founding fathers dan founding mothers. "Kita penting menjaganya melalui peran serta kita. Peran serta itu adalah demokrasi melalui Pemilu," ujar politisi PKS ini.

Dalam sosialisasi ini Hidayat juga menyinggung pentingnya untuk memahami kedaulatan rakyat sesuai ketentuan UUD dan memahami makna dari pemilihan umum dan pemilihan presiden.

"Maka harapan saya Pemilu serentak yang akan datang adalah melanjutkan warisan hasil perjuangan dari para tokoh bangsa untuk dinikmati generasi yang akan datang," paparnya.

Melalui Pemilu yang berkualitas, Pilpres yang berkualitas, supaya menghadirkan anggota dewan yang berkualitas, pemimpin nasional yang berkualitas.

"Dengan cara itulah kita memastikan bahwa Indonesia bisa kita wariskan kepada generasi yang akan datang" tambah Hidayat.

Bagi Hidayat, sosialisasi ini menjadi bukti bahwa warga bangsa Indonesia melalui ormas-ormas, para pemuda, kalangan terpelajar, sampai ke daerah-daerah, mereka sangat cinta Indonesia, cinta Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

"Dengan semangat ini kami yakin Indonesia akan terjaga. Tapi penting juga untuk saling berkomunikasi, memberi perhatian atau atensi, dan MPR siap mendukung," kata Hidayat.

Tujuan sosialisasi Empat Pilar MPR adalah untuk menyegarkan kembali komitmen berbangsa dan bernegara, mencintai Indonesia, keragaman Indonesia, termasuk komitmen bahwa Indonesia sebagai negara hukum, masalah kedaulatan rakyat, hak asasi manusia, dan Pemilu.

Pewarta: Jaka Sugiyanta
Editor: Jaka Sugiyanta
Copyright © ANTARA 2018