Prof Kyai Haji Ma'ruf Amin adalah sosok tokoh agama yang bijaksana ..."
Jakarta (ANTARA News) - Joko Widodo (Jokowi) menyebut sosok Ma'ruf Amin yang baru saja diumumkan sebagai cawapresnya pada Pilpres 2019 adalah tokoh agama yang bijaksana.

"Prof Kyai Haji Ma'ruf Amin adalah sosok tokoh agama yang bijaksana, beliau duduk di legislatif sebagai anggota DPRD, DPR RI, MPR RI, Wantimpres, Rais Aam PBNU, dan Ketua Majelis Ulama Indonesia, dalam kaitannya dengan kebhinekaan, Prof Dr Kyai Haji Ma'ruf Amin juga menjabat Dewan Pengarah Badan Pengembangan Ideologi Pancasila," kata Jokowi.

Jokowi, yang akan maju sebagai calon Presiden RI periode 2019--2024, mengemukakan hal itu saat mengumumkan cawapresnya setelah pertemuan dengan petinggi partai politik pendukung di Restoran Plataran Menteng, Jakarta Pusat, Kamis.

Ia mengatakan, pemilihan Ma'ruf Amin setelah melalui perenungan mendalam dan mempertimbangkan masukan-masukan dan saran dari berbagai elemen masyarakat.

"Saya memutuskan dan telah mendapatkan persetujuan partai koalisi Indonesia Kerja bahwa yang akan mendampini saya sebagai cawapres 2019-2024 adalah Profesor Kyai Haji Ma'ruf Amin," katanya.

Ia menambahkan sebanyak sembilan partai Koalisi Indonesia Kerja telah semuanya menandatangani secara utuh kesepakatan tersebut.

Setelah kesepakatan dicapai, Jokowi-Ma'ruf kemudian akan mendaftar ke KPU pada Jumat pagi (10/8) sekira pukul 09.00 WIB.

Presiden Jokowi sebelumnya menyebutkan bahwa memutuskan untuk mencalonkan diri sebagai Presiden RI periode 2019--2024.

Keputusan itu, ditambahkan Jokowi, adalah tanggung jawab besar yang erat kaitannya dengan cita-cita untuk meneruskan mimpi besar Indonesia maju dalam melanjutkan pembangunan yang merata dan berkeadilan di seluruh pelosok Nusantara.

Baca juga: Diapit Mega-Paloh dalam pertemuan koalisi, Jokowi umumkan cawapres
Baca juga: Prabowo akan umumkan nama cawapres malam ini
Baca juga: Jokowi akhirnya pilih Ma'ruf Amin jadi cawapres

 

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018