Apalagi Kabupaten Sukabumi mempunyai Geopark Ciletuh Palabuhanratu yang sudah diakui dunia...
Sukabumi (ANTARA News) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, ingin mengembalikan kejayaan dunia pariwisata Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, karena daerah ini mempunyai sumber daya alam yang mumpuni dan lengkap.

"Objek wisata di Kabupaten Sukabumi sangat lengkap mulai dari laut, pegunungan, air terjun, sungai, rimba dan lain-lain ada di sini sehingga potensi ini harus dimanfaatkan dengan baik untuk kepentingan masyarakat dan kami yakin dunia pariwisata di daerah ini akan kembali berjaya," kata Budi Karya Sumadi saat kunjungan kerja ke Sukabumi, Kamis.

Menurut dia, pengembangan pariwisata tersebut juga harus ditopang dengan sarana dan prasarana yang memadai khususnya akses perhubungan. Maka dari itu, pemerintah pusat melihat potensi yang dimiliki Kabupaten Sukabumi sehingga melakukan pembangunan besar-besaran khusuanya akses transportasi.

Hal ini dibuktikan antara lain dengan percepatan pembangunan Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi), jalur ganda kereta api Sukabumi-Bogor hingga bandar udara (bandara) yang pelaksanaan pembangunannya dimulai pada tahun depan.

Menhub juga mengungkapkan, pihaknya juga berencana membangun dermaga di perairan laut selatan Kabupaten Sukabumi. Dengan konektivitas akses transportasi tersebut maka wisatawan akan berdatangan baik dari dalam maupun luar negeri.

"Apalagi Kabupaten Sukabumi mempunyai Geopark Ciletuh Palabuhanratu yang sudah diakui dunia, maka daya tarik wisatawan mancanegara untuk datang ke sini lebih tinggi dan tentunya ini menjadi keuntungan bagi Pemkab Sukabumi dan khususnya masyarakat sekitar," tambahnya.

Budi mengatakan pemerintah pusat menaruh perhatian kepada Kabupaten Sukabumi bahkan Presiden RI Joko Widodo pun beberapa kali datang ke Sukabumi, yang menunjukan bahwa daerah ini mempunyai potensi yang mumpuni.

 

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2018