Makassar, Sulsel  (ANTARA News) - Obor Asian Games tiba di Makassar dan diarak keliling ibukota Sulawesi Selatan tersebut pada Minggu.

Setelah singgah satu malam di Tanjung Bira, sekitar empat jam perjalanan darat dari Makassar, obor Asian Games dibawa oleh tim kirab menuju Kota Makasssar lewat darat.

Setibanya di Kota Makassar, tepatnya di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar acara penyambutan dilakukan dan kemudian berlayar dengan kapal Dewaruci menuju dermaga Lantamal 6.

Obor Asian Games kemudian diserahkan dari Lantamal VI ke Penjabat Gubernur di Tugu Mandiri.

Obor Asian Games dari Tugu Mandiri diarak dengan konvoi kendaraan tiba di Jalan Haji Bau. Dari Jalan Haji Bau obor diarak oleh pelari pertama, Malik Faisal menuju Anjungan City of Makassar.

Menteri Sosial Idrus Marham dan Walikota Makassar Danny Pomanto turut serta membawa obor Asian Games ke Anjungan City of Makassar yang kemudian disulut di "mini cauldron".

"Api yang melewati kota Makassar ini memberikan sebuah kehormatan besar bagi rakyat Makassar," kata Walikota Makassar Danny Pomanto di dalam pidato sambutannya di Anjungan City of Makassar, Minggu.

Sementara itu Mensos Idrus Marham mengatakan bahwa ada semangat yang berbeda dalam pelaksanaan Asian Games 2018.

Jika pada Asian Games 1962 di Jakarta tekadnya adalah menggelorakan semangat nasionalisme, maka pada 2018 kali ini tekadnya melampaui semangat nasionalisme.

Baca juga: Walikota Makassar ajak warganya ramaikan Asian Games

Asian Games 2018 menjadi kebangkitan negara-negara Asia. "Dan itu berawal dari Indonesia," kata Idrus.

Dari Anjungan City of Makassar obor Asian Games kemudian diarak dengan rute melawati Makassar Golden Hotel (titik kedua), Fort Rotterdam, Gedung Kesenian, SMP Negeri 6 dan Lapangan Karebosi. Kemudian ke Monomen Mandala, berbelok ke Jalan Chairil Anwar, ke Jalan Bontolempangan, ke jalan Arif Rate, Taman Segitiga, Taman Hasanuddin, ke Jalan Sawerigading, Lapangan Hasanuddin dan berakhir di Rujab Gubernur Sulsel. Malam Ramah Tamah digelar di Pelataran Lakipadada Rujab Gubernur Sulsel, lokasi Api Obor diinapkan.

Dari Makassar, api obor Asian Games dijadwalkan meneruskan perjalanannya ke Banjarmasin.
 
Walikota Makassar Danny Pomanto dan Menteri Sosial Idrus Marham membawa obor Asian Games keliling kota Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (Aditya E.S. Wicaksono)

 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2018