Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memberikan penghargaan Pemuda Hebat kepada Tim Robot Soccer Ichiro dari Institut Sepuluh November Surabaya (ITS) yang baru saja menjadi juara dunia sepak bola robot pada kompetisi Robo Cup 2018 di Montreal, Kanada.

Pemberian piagam penghargaan ini dilakukan langsung oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora Asrorun Ni'am yang mewakili Menpora Imam Nahrawi di Bandara Internasional Soekarno Hatta Tangerang, Banten, Selasa atau sesaat setelah tim tersebut tiba di Tanah Air.

"Piagam penghargaan dan uang pembinaan ini adalah bentuk apresiasi kepada pemuda-pemuda hebat Indonesia yang berprestasi. Harapannya penghargaan ini mampu merawat semangat anggota tim dan mendorong untuk terus meningkatkan prestasi dalam mengharumkan nama bangsa," kata Asrorun Ni’am Sholeh.

Selain memberikan piagam penghargaan Anugerah Pemuda Hebat ini, pihak Kemenpora juga memberikan Bantuan Dana Pembinaan berupa uang tunai kepada pemuda yang telah mengharumkan nama bangsa dikancah internasional itu sebesar Rp20 juta.

Asisten Deputi bidang Kemitraan dan Penghargaan Pemuda selaku unit yang selama ini terus memantau prestasi-prestasi pemuda Indonesia, Wisler Manalu berharap penghargaan yang diberikan oleh Kemenpora ini akan menjadi semangat dan motivasi bagi pemuda Indonesia lain untuk melahirkan inovasi baru sesuai dengan perkembangan zaman.

"Semoga apresiasi ini mampu menjadi inspirasi dan memotivasi generasi muda Indonesia untuk terus mengukir prestasi yang mengharumkan nama bangsa di pentas dunia," kata Wisler di sela penyambutan.

Sementara itu, Sekretaris Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora Amar Ahmad mengatakan bahwa keempat penerima penghargaan Pemuda Hebat ini adalah Muhammad Reza Ar Razi, Sulaiman Ali, Tommy Pratam dan Dhany Satrio Wicaksono yang didampingi dosen pembimbing mereka dari ITS yaitu Muhtadin.

Sementara itu Sekretaris Rektor ITS, Agnes Tuti Rumiati menyampaikan terima kasih kepada pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olah Raga yang telah menaruh perhatian serius terhadap pengembangan prestasi anak muda Indonesia.

“Ini sambutan yang luar biasa. Apalagi dari Kemenpora. Semoga prestasi demi prestasi dapat kami hadirkan untuk Indonesia dan menginspirasi pemuda yang lain," katanya di sela penyambutan.

Pada kejuaraan Robocup 2018 di Montreal Kanada, Tim Ichiro ITS berhasil menyabet 4 (empat) kategori penghargaan sekaligus, antara lain :
1. Juara Pertama Sepakbola Robot Kategori _Teen Size_ setelah di final mengalahkan Tim Iran dengan skor 3 - 0.
2. Juara Kedua _Technical Challenge_ Kategori _Teen Size_.
3. Juara Kedua _Drop In Games_ Kategori _Teen Size_.
4. Juara Ketiga _Best Humanoid Robot Soccer_ untuk semua kategori.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018