Sukoharjo (ANTARA News) - Ratusan aparat keamanan gabungan telah disiapkan untuk mengamankan jalannya debat terbuka kedua Pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2018 di Sukoharjo, Kamis (3/5) malam.

"Sebanyak 620 personel gabungan dari Polres Sukoharjo, Polda Jateng, dan anggota TNI akan mengamankan jalannya debat terbuka Pilgub Jateng," kata Kepala Polres Sukoharjo AKBP Iwan Saktiadi usai mengikuti rapat koordinasi di Sukoharjo, Rabu.

Kapolres mengatakan bahwa pihaknya baru saja usai mengadakan rapat koordinasi sekaligus konsulidasi rencana acara debat terbuka kedua Pilgub Jateng 2018 yang rencana mulai pukul 19.00 WIB hingga pukul 21.30 WIB.

Pada rapat koordinasi itu,m selain aparat keamanan juga dihadiri tim perwakilan dari masing-masing pasangan calon gubernur dan wagub, KPU, pihak event organizer (EO), dan perwakilan Hotel Best Western.

"Kami dari anggota Polres Sukoharjo dan didukung Polda Jateng yang telah membahas mengenai aturan main saat dilaksanakan debat terbuka pilgub nanti," kata Kapolres.

Ia berharap keberadaan pada pendukung masing-masing pasangan calon tidak mengganggu. Mereka boleh memberikan dukungan, tetapi tidak boleh mengganggu jalannya debat itu.

Pihak kepolisian sudah menyusun personel dan langkah-langkah pengamanan akan dilakukan sejak di titik-titik pemberangkatan, jalur yang dilalui, lokasi acara debat, dan lokasi pelaksana. Tempat simpatisan yang tidak masuk ruang debat, disediakan kegiatan nonton bareng.

Kapolres mengatakan bahwa pihaknya siap memberikan pelayanan pengawalan dan pengamanan, baik jalur maupun lokasi debat, untuk masing-masing tim kecuan pasangan calon.

Pasangan calon nomor 1 Ganjar Pranowo dan Taj Yasin; pasangan calon nomor 2 Sudirman Said dan Ida Fauziyah.

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018