Bandarlampung, Lampung (ANTARA News) - Pertanyaan untuk siapa kereta api ekonomi premium terjawab sudah ketika Kepala PT KAI Divre IV Tanjungkarang Suryawan menyatakan bahwa kereta ini juga dipakai untuk angkutan Asian Games lima bulan nanti.

Kereta ini sendiri sudah menjalani uji coba perjalanan dari Stasiun KA Tanjungkarang ke Stasiun KA Kotabumi di Lampung Utara.

"Selain angkutan reguler, KA ekonomi premium tersebut juga dapat digunakan untuk angkutan lain, misalnya kemungkinan penumpang untuk mengikuti atau melihat Asian Games di Palembang," kata Suryawan saat uji coba kereta ini di Bandarlampung, Rabu.

Namun penggunaan kereta untuk Asian Games di Palembang ini ternyata belum mendapatkan pemberitahuan khusus dari pemerintah karena yang sudah pasti adalah melalui Jalan Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni, Lampung--Palembang, Sumatera Selatan, sambung Suryawan.

"Berdasarkan informasi penggunaan transportasi darat untuk Asian Games melintasi jalan tol," katanya.

KA ekonomi premium ini terdiri atas 10 gerbong dan satu gerbong kereta makan pembangkit. Fasilitas di KA ekonomi premium jauh lebih baik dibandingkan dengan KA ekonomi lainnya.

Delapan gerbong pertama masing-masing diisi 80 orang, sedangkan dua gerbong lainnya diisi masing-masing 64 orang, dilengkapi fasilitas pendingin udara serta beberapa televisi layar datar.

Dalam KA ekonomi premium ini juga ada kursi khusus untuk penyandang disabilitas.

Baca juga: KAI uji coba kereta ekonomi premium di Lampung

Pewarta: Agus Wira Sukarta
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018