Jakarta (ANTARA News) - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahuddin Uno mengingatkan kepada 400 petugas gabungan yang membersihkan tumpukan sampah di sepanjang Teluk Jakarta Kawasan Hutan Mangrove Ecomarine Muara Angke, Penjaringan, Jakarta Utara agar jaga keselamatan dan kesehatan kerja.

"Kita ingin terima kasih kepada 400 lebih teman - teman yang ada di Muara Angke, tapi saya ingatkan juga untuk menjaga keselamatan dan kesehatan kerja," kata Sandiaga di Balai Kota DKI Jakarta, Senin.

Dia melihat petugas gabungan yang bekerja tidak pakai sarung tangan sehingga berbahaya jika ada benda - benda tajam yang bisa menimbulkan luka.

Sejumlah 400 petugas yang dikerahkan berasal dari tim gabungan dinas lingkungan hidup, yakni dari Suku Dinas (Sudin) Lingkungan Hidup Kepulauan Seribu, Sudin Lingkungan Hidup Jakarta Utara, Unit Pengelola Kebersihan (UPK) Badan Air Jakarta Utara dan Petugas Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kecamatan Penjaringan.

"Jadi saya usulkan dilengkapi kesehatan dan keselamatan kerjanya dan kita survei lokasi - lokasi mana yang lain dan ada pencegahannya. Saya berharap juga komunitas - komunitas mulai menggerakkan supaya ini pemicu untuk kita stop buang sampah ke badan air kita," kata Sandiaga.

Sandiaga juga mendapat laporan masih ada nelayan yang suka membuang sampah ke laut. Ia meminta ada gerakan menghentikan membuang sampah ke badan air.

"Banyak masyarakat kita yang membuang sampah ke sungai, ini yang harus kita jadikan sebagai gerakan untuk hentikan membuang sampah ke badan air, tapi mulailah pengelolaan sampah dengan baik ke depannya," kata Sandiaga.
 

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018