Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo memberikan pembekalan kepada 1.591 CPNS calon hakim di Pusat Pendidikan dan Latihan Mahkamah Agung, Megamendung, Bogor, Selasa.

Mahkamah Agung dalam informasi di laman resminya, menyebutkan Ketua MA Hatta Ali dan jajaran pimpinan lainnya telah bersiap menyambut kedatangan Presiden dalam memberikan pembekalan CPNS cakim dari seluruh Indonesia.

Sebanyak 1.591 cakim ini akan mengikuti pembekalan pada 21-23 Februari 2018 yang akan mengambil tema "Mempersiapkan Hakim yang Berintegritas dan Berkualitas Menuju Peradilan Indonesia yang Agung".

Selain pembekalan dari Presiden dan Ketua Mahkamah Agung, para cakim juga akan mendapatkan arahan dari para ahli di antaranya yaitu YM. Syarifuddin, YM. Artidjo Alkostar, YM. Sunarto, Rhenanld Kasali, serta pembekalan dari KY, Menpan, KPK, Ombudsman dan yang lainnya.

Dalam pemberitaan sebelumnya, proses rekrutmen calon hakim pada 2017 lalu dengan sistem CPNS yang lulus berjumlah 1.591 calon hakim dari 1.684 cakim yang dibutuhkan MA. Dari hasil jumlah yang lolos dalam proses rekrutmen, disayangkan terdapat beberapa cakim yang mengundurkan diri dengan berbagai alasan pribadi, sehingga hanya 1.577 calon hakim berlanjut mengikuti proses pendidikan dan pelatihan (diklat).

Kepala Biro Hukum dan Humas MA Abdullah mengatakan pada saat ini MA masih kekurangan sekitar 4.000-an hakim seluruh Indonesia, sehingga setiap tahun akan ada rekrutmen hingga memenuhi kebutuhan 4.000 hakim tersebut.

Baca juga: MA luluskan 1.607 calon hakim

Pewarta: Joko Susilo
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018