Karawang, Jawa Barat (ANTARA News) - Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi berjanji menjaga sawah dari ancaman alih fungsi lahan pertanian menjadi industri atau properti.

"Lahan pesawahan tidak boleh beralih fungsi menjadi kawasan industri atau properti," kata Dedi saat mengunjungi Desa Panayungan, Kecamatan Telukjambe Timur, Karawang, Selasa.

Ia mengatakan, untuk mencegah alih fungsi lahan pertanian akan dibuat aturan tentang lahan pertanian abadi di mana kawasan lumbung padi tidak boleh diperuntukan bagi kepentingan lain.

Dedi menyebutkan bahwa secara jangka panjang, jika areal sawah terganggu, maka kedaulatan pangan di daerah pun menjadi terganggu.

"Kalau (alih fungsi) dibiarkan, ini bahaya untuk ketersediaan bahan pangan, terutama beras. Jadi, sawah harus tetap menjadi sawah, tidak boleh diubah untuk keperluan lain," tegas Dedi.

Sebagai sosok yang besar di lingkungan petani, Dedi menganggap penting lahan sawah walau hanya satu kotak kecil karena jika dikelola mandiri dan benar luas sawah yang tidak begitu besar pun bisa menghidupi banyak keluarga.

Baca juga: Kampanye pertama Dedi, jenguk penderita kanker

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018