Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menghadiri serta memberikan sambutan pada peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-45 PDI Perjuangan di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu.

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, di Jakarya, Rabu mengatakan, PDI Perjuangan sudah mengkonfirmasi perihal kehadiran Presiden Joko Widodo.

Menurut Hasto, pada peringatan HUT ke-45 PDI Perjuangan, setelah rangkaian kegiatan protokoler partai, maka Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, akan menyampaikan pidato politik.

Kemudian, dilanjutkan dengan sambutan dari Presiden Joko Widodo.

Hasto menjelaskan, pada peringatan HUT ke-45, PDI Perjuangan menyiapkan empat agenda acara meliputi, pertama penampilan tari dan kesenian tradisional dari berbagai daerah di Indonesia.

Kedua, menampilkan foto-foto kegiatan jejak 45 tahun PDI Perjuangan, baik dari para jurnalis maupun dari kader partai.

Ketiga, Deklarasi Gerakan Indonesia Pasti, yakni gerakan untuk menyelamatkan keanekaragaman hayati Indonesia.

"Gerakan ini akan memperjuangkan untuk mendapatkan paten indikasi geografis terhadap 45 jenis anggrek yang merupakan endemik Indonesia," katanya.

Menurut dia, PDI Perjuangan akan mengusulkan paten terhadap 45 jenis anggrek, dengan menjaring masukan melalui pemerintah daerah maupun DPD PDI Perjuangan di berbagai wilayah.

Kemudian, keempat, pidato politik dari Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, dilanjutkan dengan pidato Presiden Jokowi.

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2018