Surabaya (ANTARA News) - Ketua Umum Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Jawa Timur, La Nyalla Mahmud Mattalitti, mengembalikan surat mandat yang sebelumnya dikirim Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto, untuk memenuhi dukungan politik maju Pilkada Jawa Timur kepada dia.

La Nyalla, melalui surat tertulis yang beredar, Kamis dini hari, mengaku, dengan berakhirnya batas waktu surat, telah berupaya menjalin komunikasi politik dengan Partai Amanat Nasional (PAN) guna memenuhi syarat pencalonan.

Bahkan, La Nyalla mengaku telah bertemu dan berkomunikasi langsung dengan Ketua Umum DPP PAN, Zulkifli Hasan.

Namun, hingga batas waktu surat mandat dari Partai Gerindra, belum ada keputusan dan sikap politik dari Hasan.

Oleh karena itu, dalam surat itu disebutkan, La Nyalla mengembalikan mandat penugasan kepada Subianto.
"Sebagai kader, saya serahkan semua keputusan politik kepada Partai Gerindra," sebut La Nyalla dalam surat mandat itu.

Sementara itu, pihak internal La Nyalla mengakui memang ada pengembalian surat mandat tersebut, dan sebagai kader menyerahkan sepenuhnya proses pada partai.

Sebelumnya, DPP Partai Gerindra memberikan surat tugas kepada La Nyalla untuk memenuhi syarat pelaksanaan Pilkada Jawa Timur.

Surat bernomor 12-0036/B/DPP-GERINDRA/Pilkada/2017, menugaskan La Nyalla untuk memenuhi persyaratan pencalonan, antara lain dukungan dari partai lain dan kelengkapan pemenangan.

Dalam surat sebelumnya, La Nyalla diberi batas waktu hingga 20 Desember 2017 untuk memenuhi persyaratan pencalonan, salah satunya mengintensifkan komunikasi ke sejumlah partai lain, seperti PAN.

Pewarta: Abdul Ibrahim
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017