Jakarta (ANTARA News) - Wakil Kepala Polri Komjen Pol Syafruddin menyatakan dukungan terhadap Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang digagas oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

"Kami sangat mengapresiasi kebijakan bapak Mendikbud dan langkah-langkah yang dilakukan Mendikbud dalam rangka pembangunan karakter," ujar Wakapolri di Jakarta, Jumat.

Dia mengatakan, untuk membangun generasi muda yang lebih baik, langkah tepat adalah penguatan karakter pada anak. Dengan adanya penguatan pendidikan karakter diharapkan bangsa Indonesia dapat semakin besar, semakin terbuka, dunia tanpa batas dengan generasi muda mendatang jauh lebih baik, dan jauh lebih berkarakter.

"Kami harapkan gerakan PPK dapat berjalan dengan baik, karena perkembangan situasi dan kondisi yang terjadi di Indonesia membutuhkan respons strategis dari dunia pendidikan yang menyiapkan generasi penerus bangsa," ujar Syafruddin.

Mendikbud Muhadjir Effendy menyampaikan apresiasi atas dukungan yang diberikan oleh Polri terhadap penerapan PPK.

Selain itu, Mendikbud merespons sekolah dan pemerintah daerah yang telah menerapkan PPK pada tahun pelajaran baru. Sekolah dan pemda tersebut, kata Mendikbud, agar segera membentuk tim asistensi di tingkat daerah.

Tim tersebut dapat turun ke sekolah-sekolah membantu merancang pola koordinasi dan manajemen penyelenggaraan yang baik sesuai dengan kondisi pada setiap satuan pendidikan.

"Saya harapkan sekolah dan daerah yang sudah menerapkan PPK pada tahun pelajaran baru, agar segera membentuk tim asistensi di tingkat daerah dan turun ke sekolah membantu merancang pola koordinasi dan manajemen penyelenggaraannya. Tolong dibantu yang benar-benar bersedia saja dulu," kata Muhadjir.

(T.I025/B014)

Pewarta: Indriani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017