Jakarta (ANTARA News) - Universitas Negeri Jakarta (UNJ) bertekad menghasilkan guru profesional yaitu memiliki kompetensi kependidikan, paedagogi, sosial dan profesional, sehingga menghasil guru yang berbakat dan bersedia mencurahkan seluruh tenaga, waktu dan pemikiran untuk profesinya.

"Guru yang profesional akan memiliki dua ijazah yaitu lulus bidang pendidikan dan lulus bidang profesi," kata Rektor UNJ Prof Dr Djaali kepada pers di Jakarta, Jumat.

Oleh karena itu, UNJ bersama 421 Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) negeri dan swasta se-Indonesia, akan menyelenggarakan Pendidikan Profesi Guru (PPG) sesuai kuota untuk mengisi kekurangan tenaga guru se-Indonesia.

Rektor mengatakan, mulai Juli 2017, UNJ bersama LPTK negeri yang berakreditas A, mengadakan PPG bagi 2.500 guru honorer program S-1 dari berbagai program studi, sehingga diharapkan akhir 2017, telah lulus program profesi para guru honorer tersebut dan dapat diangkat menjadi PNS se-Indonesia.

"Kekurangan guru umum di Indonesia saat ini sekitar 300 ribu orang dan kekurangan guru SMK mencapai 90.000 orang, sehingga diharapkan dapat dipenuhi dengan melaksanakan seleksi ketat bagi calon guru berbakat dan bersedia menjadi pendidik," katanya.

Sementara untuk, UNJ dan LPTK pada 2017 juga mendapat penugasan pemerintah untuk mendidik kepada 3.500 calon guru SMK. Para clon guru SMK harus lulus kependidikan dan lulus profesi dari Lembaga Standar Profesi (LSP).

UNJ bersama LPTK dalam lima tahun terakhir juga telah mengadakan Pendidikan Profei Guru (PPG) bagi sekitar 12.000 untuk program PPG PNS untuk ditempatkan di daerah tertinggal, terluar dan terdalam.

UNJ dalam usia ke-53 tahun 2017 telah memiliki peringkat akreditasi ke-21 dari 4.000 perguruan tinggi di Indonesia, memiliki mahasiswa sebanyak 26.656 orang yang didukung dosen 894 orang bergelar S2 dan S-3 serta didukung 860 tenaga kependidikan. Sedang jumlah lulusan yang dihasilkan mencapai 107.257 orang yang tersebar se-Indonesia.

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017