Wina (ANTARA News) - Pihak berwenang Austria pada Rabu mengatakan menyita lebih dari 560 kilogram gading, jumlah yang menurut mereka terbesar di Eropa.

Polisi menemukan 90 gading gajah pada awal November di dua apartemen di Wina milik seorang pria Austria yang tertangkap tangan berusaha membeli tiga gading di jalan umum, menurut keterangan Kementerian Dalam Negeri.

Gading bisa dijual di pasar gelap di Austria seharga sekitar 1.000 dolar AS per kilogram, kata polisi. Belum diketahui apakah sitaan terbaru itu dimaksudkan untuk diekspor lebih lanjut atau dijual di Austria.

Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora (CITES) melarang perdagangan gading pada 1989 karena anjloknya jumlah gajah.

Namun, beberapa negara mengizinkan penjualan gading yang dibeli sebelum larangan tersebut diberlakukan, dan stok pemerintah yang disetujui CITES juga dapat dijual dengan sertifikat.

Pada April, polisi Spanyol menyita 74 gading gajah Afrika seberat 774 kilogram, dengan nilai sekitar 223.000 dolar AS (sekitar Rp2,98 miliar) di Colmenar de Oreja di sebelah barat daya Madrid, demikian dikutip dari laporan AFP.  (mr)  

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016