Gianyar, Bali (ANTARA News) - Istri Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, Tri Suswati memperkenalkan adat budaya Indonesia kepada para pendamping delegasi Interpol dengan mengunjungi Taman Nusa Cultural Park, Gianyar, Bali.

"Ini dalam rangka menjamu para tamu dari pertemuan Interpol untuk mengenal budaya Indonesia," kata Tri di Taman Nusa, Gianyar, Bali, Selasa.

Dalam program sosial rangkaian acara Sidang Umum Interpol ke-85, pihaknya mengajak 80 orang pendamping delegasi Interpol ke tempat wisata tersebut.

Taman Nusa yang berisi puluhan anjungan budaya khas berbagai daerah di Indonesia diharapkan bisa mengenalkan berbagai obyek wisata di daerah lain selain yang ada di Bali sehingga diharapkan pada kesempatan lain mereka bisa kembali berkunjung ke Indonesia.

"Tak hanya Bali, banyak pulau lain yang punya budaya yang tak kalah indahnya dari Bali. Mudah-mudahan mereka tertarik dan kembali ke Indonesia," katanya.

Selama pelaksanaan Sidang Umum Interpol pada 7-10 November 2016, para pendamping delegasi diperkenalkan berbagai destinasi wisata di Bali.

Para pendamping delegasi ini sebelumnya telah mengunjungi Pura Bedugul, Mengwi, Museum Pasifika, dan Bali Colection pada hari pertama sidang. Kemudian di hari ketiga mereka akan mengunjungi Ubud, Tegalalang, Museum Rudana dan Tenganan. Sementara di hari terakhir, obyek wisata yang dikunjungi adalah Taman Ujung, Uluwatu dan Tanah Lot.

Sebanyak 1.360 orang delegasi negara anggota Interpol dan nondelegasi menghadiri Sidang Umum Interpol atau "International Criminal Police Organization" (ICPO) di Bali Nusa Dua Convention Center, Bali.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 830 orang delegasi terdiri dari 13 orang menteri dari 13 negara, 59 orang Kepala Kepolisian, 11 orang anggota Komite Eksekutif Interpol, 94 orang Kepala Delegasi negara anggota Interpol, 651 orang delegasi negara anggota Interpol dan dua orang duta besar.

Sementara jumlah peserta non-delegasi yang hadir sebanyak 429 orang yang terdiri 52 pengamat, 368 peserta pameran dan sembilan orang tamu undangan.

Sementara tercatat ada 101 orang yang menemani para delegasi dan non-delegasi tersebut.

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016