Polisi dibantu TNI siap mengamankan pelaksanaan pilkada di 11 kabupaten dan kota di Papua."
Jayapura (ANTARA News) - Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw menegaskan, situasi kamtibmas di wilayah Papua secara keseluruhan kondusif.

Memang ada insiden di Mappi dan Intan Jaya tapi tidak berdampak pada kondisi kamtibmas di kedua wilayah khususnya saat pendaftaran di KPU.

"Secara keseluruhan situasi kamtibmas di Papua aman dan terkendali," tegas Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw di Jayapura, Senin.

Dikatakan, dari laporan yang diterima insiden yang terjadi di Mappi itu masalah internal partai pendukung, sedangkan di Sugapa, ibukota Kabupaten Intan Jaya adalah perkelahian antara warga akibat ada yang dilecehkan.

Namun kedua masalah sudah diselesaikan dan konsidi keamanan di kawasan itu kondusif, kata Irjen Pol Waterpauw seraya menambahkan untuk pengamanan pilkada 2017 pihaknya akan meminta bantuan dari Brimob Mabes Polri.

Sekitar 250 anggota Brimob dari Jakarta akan diperbantukan ke Papua untuk membantu pengamanan di beberapa lokasi yang dianggap rawan, kata Kapolda Papua Irjen Pol Waterpauw.

Irjen Pol Waterpauw mengatakan, untuk Polda Papua, jumlah yang dikirim tergantung permintaan dari daerah yang melaksanakan pilkada.

"Polisi dibantu TNI siap mengamankan pelaksanaan pilkada di 11 kabupaten dan kota di Papua," kata Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw.

11 kabupaten dan kota di Papua yang melaksanakan pilkada yakni Kota dan Kabupaten Jayapura, Kabupaten Lanny Jaya, Nduga, Dogiay, Intan Jaya, Mappi, Kepulauan Yapen, Puncak Jaya, Sarmi dan Kabupaten Tolikara.

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016