Pekanbaru (ANTARA News) - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Riau menurunkan tim pemantau bulan baru atau hilal sebagai penetapan awal 1 Ramadan 1437 Hijriah, di Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis.

"Untuk tahun ini, kita pantau hilal di Desa Teluk Rhu Kecamatan Rupat Utara, Pulau Rupat. Kegiatan itu akan dilakukan besok atau Ahad (5/6)," kata pejabat pengganti sementara Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Riau Mahyudin di Pekanbaru, Sabtu.

Dia mengatakan lazimnya dalam melaksanakan pemantauan hilal di daerah tersebut dilakukan dengan menggunakan alat bantu teleskop atau teropong dan berada pada gedung yang tinggi seperti tahun lalu di Gedung Surya Dumai, Kota Pekanbaru.

Namun pada tahun 2016, pihaknya menginginkan melakukannya dengan sesempurna mungkin karena proses rukyatul hilal memang lebih baik dilakukan dari tepi laut.

Tim Kemenag Riau terdiri ormas-ormas Islam di antaranya Majelis Ulama Indonesia, Muhammadiyah, Nahdatul Ulama dan Pengadilan Agama, akan melaksanakan pemantauan hilal sore hari atau saat tenggelamnya matahari.

"Tim kita berangkat ke Pulau Rupat hari ini, sedangkan sidang Isbat penentuan awal Ramadan pada Ahad sore dipimpin langsung oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Mahyudin mengatakan jika terlihat pada Ahad petang, maka bisa dipastikan puasa akan dilaksanakan pada esok harinya.

Tetapi jika tidak ada satupun yang melihat hilal, maka bulan Syaban digenapkan menjadi 30 hari atau puasa baru dilaksanakan Selasa (7/6).

"Mudah-mudahan tahun ini tidak terjadi perbedaan penetapan puasa. Saudara kita dari ormas Muhammadiyah, telah tetapkan puasa mulai awal pekan depan," ujarnya.

Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah sebelumnya telah menetapkan 1 Ramadan 1437 Hijriah pada Senin (6/6).

Penetapan tersebut berdasarkan hasil hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

"Pimpinan Pusat Muhammadiyah menetapkan 1 Ramadan 1437 H jatuh pada Senin Pahing 6 Juni 2016," ujar Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah Umar Fatkhurrohman.

Pewarta: Muhammad Said
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016