Beli beberapa tas untuk oleh-oleh, dan buat ipar-ipar."
Sleman (ANTARA News) - Wakil Presiden M. Jusuf Kalla bersama Ibu Mufidah Kalla mengisi waktu liburan tahun barunya dengan mengunjungi kerajinan kulit "Bucini-M Joint Exclusif Leather" di Dusun Klodangan, Desa Sendangtirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jumat.

Dalam kunjungan tersebut Wapres Kalla mengajak rombongan sebanyak lima bus, termasuk Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi dan Menko Perekonomian Sofyan Jalil.

Dalam kesempatan tersebut Jusuf Kalla melihat-lihat produk kerajinan kulit dan sempat membeli beberapa produk, seperti tas dan sepatu.

Begitu juga dengan Ibu Mufidah Kalla, yang juga Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), menyempatakan berbelanja sejumlah produk kerajinan kulit.

Dalan kesempatan tersebut Wapres Kalla tampak akrab dengan para cucu-cucunya, bahkan beberapa kali mendapat ciuman para cucu.

Ibu Mufidah Kalla mengatakan, dirinya berbelanja beberapa peroduk sebagai oleh-oleh bagi para saudaranya.

"Beli beberapa tas untuk oleh-oleh, dan buat ipar-ipar," katanya.

Pemilik "Bucini-M Joint Exclusif Leather", Rico Yudi Asmoro, mengatakan bahwa tempat kerajinan miliknya ini sudah dua kali dikunjungi Ibu Mufidah Kalla.

"Belum lama ini Ibu Mufidah juga ke sini, Ini yang kedua kalinya. Beberapa waktu lalu Ibu Negara Iriana Joko Widodo juga pernah berkunjung di sini," katanya.

Ia mengatakan, industri kerajinan kulit tersebut dirintisnya sejak 1997, dan awalnya hanya membuat dompet kulit.

"Dulu hanya bikin dompet, tetapi sekarang sudah memproduksi tas dan sepatu," katanya.

Menurut dia, produk kerajinannya lebih banyak diekspor ke Eropa, terutama Belanda, sedangkan untuk pemasaran lokal hanya sedikit saja.

"Dulu saya pasarkan di lokal, ternyata tidak laku, Kemudian, saya coba membuka pasar ekspor, ternyata permintaan justu bagus," katanya.

Rico mengatakan, dengan memperkerjakan 160 karyawan rata-rata produksi satu bulan bisa mencapai 4.500 tas dan sepatu.

"Harga jual bervariasi, antara Rp200.000 hingga Rp2 juta untuk sepatu, dan tas harga termurah Rp600.000," katanya menambahkan.

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2016