... langsung terbang ke Karubaga, Kabupaten Tolikara, Papua, dengan didampingi Kepala Polda Papua, Inspektur Jenderal Polisi Yotje Mende...
Jayapura, Papua (ANTARA News) - Kepala Kepolisian Indonesia, Jenderal Polisi Badrodin Haiti, segera bertindak cepat. Dia langsung terbang ke Karubaga, Kabupaten Tolikara, Papua, dengan didampingi Kepala Polda Papua, Inspektur Jenderal Polisi Yotje Mende, Minggu.

Kunjungan mereka ke Karubaga itu untuk melihat langsung kondisi masyarakat pasca kerusuhan sosial yang terjadi Jumat (17/7).

Pejabat lain di Kabinet Kerja yang juga memutuskan segera ke sana adalah Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, sebagaimana dilaporkan di Jakarta, Sabtu malam (18/7). Dia akan memediasi pihak-pihak yang berkepentingan di sana terkait kerusuhan sosial itu. 

Berbagai pihak telah menyerukan pengusutan tuntas oleh negara pada ranah hukum atas kasus kerusuhan sosial di Tolibara ini, juga agar menyerahkan hal ini pada polisi. 

Kepala KP3 Udara Sentani, Inspektur Satu Polisi Jubelina Wally, Minggu, mengatakan, rombongan menggunakan pesawat terbang sewa milik Trigana dengan nomor registrasi PK YPX. Hanya pesawat transport ringan yang bisa mendarat dan lepas-landas dari lapangan terbang perintis di sana.

Laiknya alam Papua, Kabupaten Tolibara juga ada di pegunungan yang sulit diakses melalui jalur darat.

Pesawat rombongan yang lepas landas pukul 09.35 WIT itu diperkirakan tiba di Karubaga pukul 10.10 WIT.
"Belum dipastikan berapa lama rombongan berada di Karubaga," kata Wally.

Selain Haiti, yang juga tiba di Jayapusa terkait kerusuhan sosial itu Deputi Operasi Kepolisian Indonesia, Inspektur Jenderal Polisi Unggung Cahyono.

Sebelumnya, dua kompi personel gabungan TNI AD setempat dan Brigade Mobil Polda Papua telah digeser ke lokasi guna mengantisipasi keadaan dan mendorong kondusivitas kondisi. 

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015