... haruslah menjadi tumpuan beliau yang baru agar dapat memberikan keputusan yang tepat dan benar... "
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Tedjo Edy Purdijatno, mengatakan, Presiden Joko Widodo telah mengingatkan kepada dia, gonjang-ganjing perpolitikan nasional masih terus terjadi ke depan.

"Setelah pelantikan, saya ikuti sidang kabinet pertama. Presiden sudah menyatakan terkait dengan masalah politik yang hingga saat ini masih gonjang-ganjing."

"Tetapi, saya belajar dari Pak Djoko Suyanto, masalah itu bisa diselesaikan," katanya,  saat serah terima jabatan dari Suyanto, di Kantor Kementerian Koordinator Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa.

Purdijatno menjelaskan, kementerian di jajarannya ujung tombak pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, terkhusus di bidang politik, hukum, dan keamanan.

"Polhukam posisinya di ujung tombak dalam menyelesaikan masalah. Oleh sebab itu, tugas-tugas ke depan sudah disepakati untuk masing-masing kementerian di bawah polhukam berkoordinasi secara baik," ucap mantan kepala staf TNI AL itu.

Menurut dia, saat ini juga ada banyak masalah yang cukup menonjol, khususnya terkait masalah kelautan nasional. Oleh sebab itu, dalam waktu dekat dirinya akan mencoba mencari solusi terhadap permasalahan tersebut.

Di tempat sama, Suyanto mengingatkan, wilayah, tugas dan tanggung jawab Kementerian Politik Hukum dan Keamanan tidak hanya sebatas koordinasi, namun fungsi menteri koordinator menjadi sangat penting jika ada masalah yang tidak bisa diselesaikan oleh suatu kementerian terkait.

"Tentu akan memberikan pertimbangan dan masukan kepada presiden terhadap dinamika politik hukum dan keamanan," tutur Suyanto.

Ia menyebutkan, presiden saat ini pasti akan banyak berdiskusi di dalam urusan politik hukum dan keamanan lantaran presiden sekarang tidak memiliki latar belakang polhukam. Berbeda dengan presiden sebelumnya, Susilo Yudhoyono, yang pernah menjabat sebagai menteri koordinator di sana.

"Sehingga pekerjaan saya menjadi lebih ringan. Oleh karenanya, saya minta kepada teman-teman yang lama untuk bekerja lebih keras untuk memberikan data dan rekomendasi kepada menteri koordinator polhukam untuk kemudian diserahkan kepada Presiden Jokowi. Para deputi, staf khusus haruslah menjadi tumpuan beliau yang baru agar dapat memberikan keputusan yang tepat dan benar," ucapnya.

Dalam sertijab itu, hadir Kepala Pelaksana Harian Badan Koordinasi Keamanan Laut, Laksamana Madya TNI D A Mamahit, para deputi, dan semua jajaran di Kemenko Polhukam. Mereka pun melepas Suyanto dari Kantor Kementerian Koordinator Polhukam itu.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014