Manado (ANTARA News) - Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), T Hasudungan Siregar, mengatakan telah mengekspor sabut kelapa ke Tiongkok pada pekan pertama bulan Agustus 2014.

"Sabut kelapa yang diekspor ke Tiongkok sebanyak 154,58 ton dengan sumbangan devisa sebesar 41.308 dolar," kata Hasudungan, di Manado, Sabtu.

Ia mengatakan dari produk serat sabut kelapa akan menghasilkan aneka macam produk derivatif yang banyak manfaatnya, termasuk berupa pupuk organik bahkan dibuat jok mobil.

Bahan baku sabut kelapa melimpah di Sulut, namun tidak dimanfaatkan dan hanya dibiarkan begitu saja, ternyata memiliki nilai jual yang tinggi.

"Dulu sabut kelapa hanya dibuang sekarang banyak perusahaan yang beli, mudah-mudahan ekspor sabut kelapa memberi kemajuan ekonomi daerah," katanya.

Sabut merupakan bagian mesokarp (selimut) kelapa, berupa serat-serat kasar. Sabut biasanya menjadi limbah yang hanya ditumpuk di bawah tanaman kelapa lalu dibiarkan membusuk atau kering. Pemanfaatannya paling banyak hanyalah untuk kayu bakar," jelasnya.

Secara tradisional, masyarakat telah mengolah sabut untuk dijadikan tali dan dianyam menjadi keset, padahal sabut masih memiliki nilai ekonomis cukup baik.

Pemerintah harap, petani dan pengekspor di Sulut akan memanfaatkan peluang ini. Dan selaku aparat kami akan terus memfasilitasi dan memberikan berbagai kemudahan pada eksportir Sulut.

Pewarta: Jootje Kumajas
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014