Padang (ANTARA News) - Lembaga amil zakat Dompet Dhuafa Singgalang Sumatera Barat menargetkan himpun dana zakat dari masyarakat sebesar Rp1 miliar selama Ramadhan 1434 Hijriah.

Target tersebut ditetapkan mengingat potensi zakat yang ada di Sumatera Barat cukup besar mencapai Rp1,7 triliun yang selama ini belum tergarap secara optimal, kata Kepala Cabang Dompet Dhuafa Singgalang Musfi Yendra di Padang, Jumat.

Menurut dia, untuk menghimpun zakat dari masyarakat Dompet Dhuafa menyediakan sejumlah fasilitas mulai dari pembukaan konter zakat pada tempat strategis, transfer zakat melalui rekening bank, konsultasi zakat dan lainnya.

Ia menyebutkan pada tahun ini Dompet Dhuafa Singgalang membuka layanan penerimaan zakat melalui 20 tempat layanan yang tersebar di Padang serta satu di Padangpanjang dan Bukittinggi.

Layanan tersebut tersebar mulai dari pusat perbelanjaan seperti Plaza Andalas, rumah sakit, bank, rumah makan , hingga Bandara Internasional Minangkabau, kata dia.

Dikatakannya, dengan demikian masyarakat tidak perlu repot untuk menyalurkan zakat karena jika tidak sempat ke kantor Dompet Dhuafa Singgalang dapat membayarnya melalui sejumlah konter yang telah dibuka di tempat strategis atau dapat juga melalui rekening bank.

Kemudian, pada Ramadhan 1434 Hijriah, Dompet Dhuafa Singgalang menyiapkan sejumlah program paket Ramadhan 1434 Hijriyah bersama DDS yang disingkat menjadi Parade.

Program tersebut antara lain pelatihan manajemen masjid, rumah tahfidz, tabligh akbar, bincang dan buka bersama di RRI Padang, Pos Sehat Ramadhan, Buka Bersama komunitas dhuafa, pengiriman dai ke Filipina serta bingkisan lebaran yatim dan dhuafa.

Pelatihan manajemen masjid ditujukan bagi pengurus dan pengelola masjid untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan dalam mengelola masjid menjadi lebih profesional diikuti 70 peserta.

Sedangkan buka bersama komunitas dhuafa ditargetkan untuk 500 orang dan paket bingkisan lebaran yatim dan dhuafa akan disebar ke 100 penerima dengan nilai paket sebesar Rp200 ribu.
(KR-IWY/Z002)

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013