Padang (ANTARA News) - Lembaga amil zakat Dompet Dhuafa Singgalang Sumatera Barat mengirimkan ulama muda Sumbar Ustadz Al Ikhlas Syamsuwir ke Filipina guna melaksanakan program dakwah di luar negeri dalam rangkaian program Cordofa (Corps Dai Dhompet Dhuafa).

Sebagai lembaga amil zakat nasional terbesar, agenda dakwah Dompet Dhuafa tidak hanya di dalam negeri, selama Ramadhan Dompet Dhuafa mengirimkan 10 dai ke 10 negara dimana dari Dompet Dhuafa Singgalang mengirimkan satu orang ke Filipina, kata Kepala Cabang Dompet Dhuafa Singgalang Sumbar Musfi Yendra di Padang, Kamis.

Menurut dia, sejak 2012 Dompet Dhuafa telah melakukan kegiatan dakwah di Amerika Serikat serta program kemanusiaan internasional pada lebih dari 30 negara.

Ia menyampaikan dai yang dikirim akan berada di Filipina hingga 13 Agustus melaksanakan misi dakwah khususnya pada beberapa daerah yang dihuni oleh mualaf dan masyarakat muslim,

Menurutnya, yang bersangkutan akan memberikan ceramah tentang Islam, iman, shalat serta menjalin komunikasi dengan komunitas muslim setempat.

Saat ini yang bersangkutan telah tiba di Cagayan de Oro Mindanao, Filipina dan telah mulai melaksanakan sejumlah aktivitas dakwah Islam, kata dia.

Menariknya, kata dia kendati daerah Cagayan de Oro Mindanao umat muslim merupakan minoritas di sana ditemukan sekolah untuk penghafal Al Quran dan pendidikan agama, walaupun kondisinya masih belum memadai.

Oleh sebab itu butuh perhatian dan bantuan dana dari para donatur agar program ini dapat memfasilitasi dan mendukung keberadaan umat Islam yang ada di sana, kata dia.

Ia mengatakan dakwah menjadi salah satu program penting yang dilaksanakan Dompet Dhuafa selama ini dimana, lahirnya lembaga ini juga diawali dari agenda dakwah terhadap umat Islam yang terancam aqidahnya akibat kemiskinan di Gunung Kidul, Yogyakarta pada 1993 silam.

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013