Jakarta (ANTARA News) - Ani Yudhoyono menghadiri upacara wisuda menantunya Annisa Larasati Pohan di Balairung Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Sabtu.

Ani Yudhoyono yang mengenakan kebaya berwarna biru hadir dalam acara itu dengan didampingi oleh putra sulungnya Agus Harimurti Yudhoyono yang juga suami Annisa dan cucunya Almira Tunggadewi Yudhoyono.

Keterangan dari laman resmi Ibu Negara menyebutkan bahwa Annisa diwisuda bersama rekan-rekannya dari Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia setelah menyelesaikan program Magister Manajemen dalam waktu 1,5 tahun dan lulus dengan predikat cum laude, dengan IPK 3,98.

Pada kesempatan yang sama mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla menerima gelar honoris causa bidang kepemimpinan dari Universitas Indonesia.

Seusai menerima gelar itu, Jusuf Kalla mengatakan penanganugerahan doktor honoris causa bidang kepemimpinan akan memacu dirinya berbuat lebih baik lagi pada masyarakat.

"Saya ucapkan terimakasih kepada semua pihak, gelar ini tentunya memotivasi keras lagi pada saya untuk berbuat lebih baik pada negara," katanya.

Ia mengatakan ketika seorang menjadi pemimpin maka harus bersikap cepat dan tegas.

Menurut dia kalau bisa tegas menghadapi (konflik) maka aman negeri ini.

Dikatakannya konflik komunal yang terjadi saat ini karena lambatnya penanganan dan tidak adanya ketegasan, sehingga yang bersalah tidak ditindak tegas.

Ia juga menilai kepemimpinan bukan hanya presiden tetapi level-level pemerintahan daerah yang bertanggungjawab menangani konflik-konflik yang terjadi seperti gubernur, bupati maupun wali kota.

"Kalau semua pemimpin bertanggungjawab maka negara berjalan lancar, masyarakat pun mudah diatur," ujarnya

Ia juga menampik tudingan yang menyatakan masyarakat Indonesia sulit diatur.
(G003/M019)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013