Perlu dilihat apakah ada trauma atau tidak
Jakarta (ANTARA) - Bidan Poli Calon Pengantin Puskesmas Kecamatan Tanah Abang Sunarti, S.S.T menekankan pentingnya memeriksa kesehatan jiwa bagi calon pengantin agar siap dalam menghadapi kehidupan rumah tangga.

"Persiapan pranikah, selain pemeriksaan kesehatan, imunisasi tetanus, organ reproduksi, kesehatan jiwa juga merupakan hal yang sangat penting," kata Sunarti dalam bincang-bincang kesehatan yang digelar daring diikuti di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, kesehatan jiwa calon pengantin akan mempengaruhi kehidupan rumah tangga mereka ke depannya. Sehingga, pemeriksaan kesehatan jiwa perlu dilakukan sebelum menikah untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi dalam rumah tangga.

"Seperti kalau dia ada riwayat (masalah kesehatan jiwa) sebelumnya, itu dia bisa dideteksi kemudian diatasi supaya dia tidak temperamen atau yang lainnya, untuk menjaga keberlangsungan kehidupan rumah tangga. Jadi perlu dilihat apakah ada trauma atau tidak," ujar Sunarti.

Baca juga: Menag: Calon pengantin disyaratkan periksa kesehatan sebelum menikah

Baca juga: Calon pengantin akan diwajibkan periksa kesehatan tekan stunting


"Sehingga tidak hanya mementingkan dari segi make up, gedung, atau hal-hal yang lain. Tapi pemeriksaan kesehatan fisik atau jiwa ini sangat penting untuk ke depannya," lanjut dia.

Ia menjelaskan, pemeriksaan kesehatan jiwa bagi calon pengantin dapat dilakukan bersama dengan pemeriksaan kesehatan fisik di fasilitas layanan kesehatan baik puskesmas, rumah sakit, maupun yang lainnya, minimal tiga bulan sebelum menikah.

Saat melakukan pemeriksaan pra nikah, Sunarti mengatakan calon pengantin tak perlu khawatir sebab prosesnya tidak akan memakan waktu yang lama. Jika tidak ditemukan masalah, maka pemeriksaan dapat diselesaikan dalam waktu dua jam.

"Tidak ribet, ini sangat mudah. Pertama, yang harus dilakukan adalah silakan datang ke (fasilitas layanan kesehatan) wilayah tempat tinggal masing-masing. Misalnya kalau tinggal di Tanah Abang, silakan datang ke Puskesmas Kecamatan Tanah Abang, membawa pengantar RT/RW, dan fotokopi KTP calon suami istri," jelas Sunarti.

"Di Puskesmas Tanah Abang sendiri bisa mengakses aplikasi Panah Cinta, itu dapat diisi dulu (pendaftarannya) di rumah. Jadi pada saat datang ke puskesmas tinggal pemeriksaan. Jika tidak ada masalah, dua jam bisa selesai, bisa langsung kembali beraktivitas," pungkasnya.

Baca juga: Calon pengantin wajib cek kesehatan tiga bulan sebelum menikah

Baca juga: Cegah stunting, calon pengantin Gorontalo wajib periksa kesehatan

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022