Penguatan jaringan terutama untuk daerah-daerah yang sinyal internetnya lemah
Purwokerto (ANTARA) - Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menyiapkan sarana dan prasarana pendukung kegiatan asesmen nasional berbasis komputer untuk tingkat sekolah dasar (SD) yang akan dilaksanakan pada akhir Oktober 2022.

"Kami telah melakukan persiapan berupa penguatan jaringan terutama untuk daerah-daerah yang sinyal internetnya lemah," kata Kepala Dindik Kabupaten Banyumas Irawati di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jumat.

Menurut dia, hal itu dilakukan karena ada sejumlah daerah di Banyumas yang sulit terjangkau jaringan internet, antara lain wilayah utara Kecamatan Cilongok khususnya yang berada di lereng Gunung Slamet.

Selain itu, Desa Watuagung, Kecamatan Tambak, yang berada di daerah perbukitan, dan beberapa desa di pelosok Kecamatan Lumbir.

Irawati mengatakan bagi sekolah-sekolah yang memang tidak terjangkau jaringan internet, nantinya akan digabung dengan sekolah terdekat yang ada jaringan internetnya.

Baca juga: Kemendikbudristek: AN petakan mutu pendidikan

Baca juga: Kemendikbudristek: Intervensi di Asesmen Nasional untuk umpan balik


"Demikian pula bagi SD yang perangkat komputernya kurang memadai, dalam pelaksanaan asesmen nasional akan menumpang di SMP terdekat. Kebetulan sudah ada kerja sama untuk itu," katanya.

Selain sarana dan prasarana pendukung, kata dia, pihaknya melalui masing-masing sekolah juga telah menyiapkan anak-anak kelas 5 SD yang nantinya akan mengikuti asesmen nasional tersebut.

Selanjutnya, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) akan memilih siswa yang untuk diikutsertakan dalam asesmen nasional tersebut.

"Kami hanya menyiapkan siswanya untuk dipilih Kemendikbudristek sebagai peserta asesmen," tegas Irawati. 

Baca juga: Simulasi Asesmen Nasional di Kudus masih terkendala akses internet

Baca juga: Disdik Kubu Raya: Jaringan internet kendala utama ANBK 2021

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022