capaian vaksinasi kita sekarang hampir 50 persen, yakni 47,10 persen
Manggarai Barat, NTT (ANTARA) - Sebanyak 93.430 warga Kabupaten Manggarai Timur,  Nusa Tenggara Timur, telah menjalani vaksinasi COVID-19 dosis pertama, dari target 198.359 jiwa sasaran vaksinasi.

"Berdasarkan data 27 November 2021, sudah 93.430 warga terima dosis satu dan capaian vaksinasi kita sekarang hampir 50 persen, yakni 47,10 persen," kata Juru bicara Satuan Tugas COVID-19 Manggarai Timur Jefrin Haryanto ketika dihubungi dari Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Senin.

Baca juga: Curah hujan tinggi, BPBD Manggarai Timur minta warga waspada longsor

Dia mengatakan Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur melakukan berbagai upaya untuk mempercepat capaian vaksinasi. Saat ini capaian vaksinasi dosis kedua telah mencapai 41,50 persen atau 38.772 jiwa.

Jefrin mengakui kendala yang dialami pemerintah dalam percepatan vaksinasi ialah keterbatasan vaksin dari pusat.

Namun, pemerintah daerah membuka komunikasi dengan banyak pihak, baik perusahaan, lembaga swasta, partai politik, kepolisian, perbankan dan pihak lain agar bersama-sama mencari akses vaksin ke pusat.

Baca juga: 1,8 juta orang di NTT belum divaksin

Kini pemerintah daerah masih melakukan pelayanan vaksinasi dengan 40.000 dosis vaksin yang tersedia.

Salah satu cara untuk mempercepat layanan vaksinasi melalui layanan vaksinasi dari rumah ke rumah yang telah dilakukan sejak awal bulan November 2021.

Melalui layanan tersebut, petugas kesehatan akan datang dari rumah ke rumah untuk mengecek anggota keluarga yang belum menerima/mendapatkan layanan vaksinasi.

Baca juga: Polres Manggarai Barat telah suntikkan 10.676 dosis vaksin COVID-19

Jika belum maka mereka langsung diarahkan untuk mendapatkan layanan vaksinasi COVID-19.

"Apabila masyarakat telah terlayani sesuai dengan jumlah vaksin tersebut, bukan tidak mungkin capaian vaksinasi COVID-19 bisa mencapai angka 70 persen pada Desember 2021," ungkap Jefrin.

Baca juga: Lantamal VII Kupang kembali gelar vaksinasi di pulau terluar

Baca juga: Kapolri apresiasi tokoh lintas agama bantu percepat vaksinasi di NTT

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021