Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan mendukung langkah TNI-Polri menumpas pemberontakan yang dilakukan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua yang  melakukan berbagai aksi teror kepada masyarakat.

"Saya mendukung penuh langkah penumpasan KKB yang meresahkan warga sipil dan merongrong kedaulatan negara. Genealogi kelompok ini adalah teror dan akan terus melakukannya," kata Syarief Hasan dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Dia menilai tidak ada ruang dialog dengan kelompok tersebut sehingga TNI-Polri tidak perlu ragu melakukan tindakan penanggulangan yang tuntas. Menurut dia, KKB adalah musuh negara dan rakyat Indonesia sehingga sudah seharusnya ditumpas sampai ke akar-akarnya.

Baca juga: Wakil Ketua MPR dukung penguatan Bakamla atasi persoalan keamanan laut

"Pemerintah telah melakukan banyak upaya untuk mempercepat pembangunan di Papua dan Papua Barat. Selama 20 tahun terakhir, pemerintah telah mengucurkan alokasi dana Otonomi Khusus (Otsus) dan dana tambahan infrastruktur (DTI) untuk Papua dan Papua Barat sebesar Rp138,65 triliun," ujarnya.

Hal itu, menurut dia, merupakan kebijakan afirmasi dan prioritas pembangunan yang menjelaskan komitmen pemerintah dalam membangun Papua dan Papua Barat untuk maju dan bersaing seperti daerah lain di Indonesia.

Menurut Syarief, dengan instrumen dana Otsus dan DTI seharusnya pembangunan fisik dan nonfisik, infrastruktur,  dan sumber daya manusia berjalan dengan baik serta cepat.

"Saat dana Otsus dan DTI yang begitu besar dialokasikan untuk Papua dan Papua Barat, namun kenyataannya tindakan teror tidak pernah berhenti. Ini menunjukkan KKB hanya bertujuan untuk mengacau dan teror," katanya.

Baca juga: Wakil Ketua MPR nilai hadirkan PPHN cukup melalui UU

Menurut dia, jika kejadiannya seperti itu maka tidak ada jalan lain bagi TNI-Polri selain melakukan upaya penanggulangan teror yang lebih tegas.

Dia mengatakan apabila teror terus dibiarkan, maka korban dari kalangan aparat dan warga sipil akan terus berjatuhan sehingga KKB tidak bisa dibiarkan dan harus ditumpas sampai ke akar-akarnya.

Syarief meyakini masyarakat Papua dan Papua Barat sangat mendambakan kedamaian, aktivitas perekonomian, peribadatan, dan kehidupan sosial pada umumnya berjalan aman serta sentosa.

Baca juga: Wakil Ketua MPR RI dukung pembentukan Satgas BLBI

"Apa yang dilakukan KKB telah merenggut kebahagiaan rakyat. Tindakan keji gerombolan bersenjata ini hanya akan menghambat pembangunan yang tengah digalakkan pemerintah," ujarnya.

Syarief mengatakan tindakan KKB jelas menunjukkan tujuannya hanya teror, penculikan, pembunuhan, dan makar karena itu TNI-Polri sudah saatnya meredifinisi tugas dan perannya dalam menyelamatkan warga sipil dan mempertahankan kedaulatan NKRI.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2021