Rektor Universitas Jakarta minta mahasiswa baru bersikap rendah hati

id Universitas Jakarta

Rektor Universitas Jakarta minta mahasiswa baru bersikap rendah hati

Rektor Universitas Jakarta Shafiria Sada Manaf (ANTARA/HO-Humas UJ)

Jakarta (ANTARA) - Rektor Universitas Jakarta (UJ) Shafiria Sada Manaf meminta para mahasiswa baru untuk bersikap rendah dan tidak pernah berhenti menuntut ilmu.

“Jangan pernah berhenti membaca, berpikir, menulis, dan berbagi ilmu kepada yang lain,” kata dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Universitas Jakarta menggelar program Perkenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2021 secara daring.

Ia mengharapkan para mahasiswa baru, kelak terbangun dan terlahir menjadi generasi yang siap menghadapi tantangan kemandirian energi, teknologi, perubahan iklim, disrupsi ekonomi, serta globalisasi.

“Dalam menghadapi dunia kerja saat ini, ilmu dan 'skill' (ketrampilan) dari bangku sekolah saja belum cukup. Karena tantangan ke depannya membutuhkan keahlian pengetahuan yang lebih mendalam, canggih, inovatif, serta profesional," katanya.

Baca juga: Risma bagi pengalaman selama kuliah di ITS kepada ribuan mahasiswa

Shafira menegaskan keahlian tersebut dapat diperoleh melalui dunia pendidikan tinggi.

Dia meminta para mahasiswa baru untuk memanfaatkan sebaik mungkin waktu belajar di perguruan tinggi demi mengejar cita-cita.

Universitas Jakarta satu-satunya universitas Betawi yang terletak di ibu kota, Jakarta. Pada usia ke-57 tahun, Universitas Jakarta telah berhasil mencetak banyak alumnus yang telah berkontribusi di masyarakat, baik skala nasional maupun internasional.

Meskipun pada 2020 hingga 2021 Indonesia masih dihadapkan dengan tantangan pandemi, katanya, Universitas Jakarta tak berhenti membuat inovasi dari berbagai aspek yang dapat memudahkan perkuliahan mahasiswa.

Salah satu inovasi yang telah diciptakan adalah Program Sistem Administrasi Akademik (Siakad) yang dibuat khusus untuk mempermudah mahasiswa Universitas Jakarta melaksanakan perkuliahan.

"Semoga para mahasiswa baru Universitas Jakarta kelak menjadi kader-kader emas calon pemimpin bangsa hingga mampu membuka lapangan kerja," kata Shafira.

Baca juga: Belasan ribu mahasiswa baru Universitas Brawijaya ikuti PKKMB daring
Baca juga: Rektor sebut mahasiswa baru PTS berkurang 30 persen karena pandemi

Pewarta : Fauzi
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar