Cilegon (ANTARA) - Polres Cilegon, Polda Banten akan memperketat pengawasan kendaraan yang masuk jalur menuju kawasan wisata Pantai Anyer dan Cinangka dalam upaya mengantisipasi membludaknya pengunjung menjelang libur akhir pekan.

Kapolres Cilegon AKBP Sigit Haryono di Cilegon, Jumat mengatakan, dalam upaya pelaksanaan PPKM pada masa pandemi COVID-19, maksimal pengunjung yang diizinkan untuk masuk lokasi wisata pantai Anyer sebanyak 25 persen dari kapasitas tempat. Apabila kendaraan atau pengunjung yang masuk melebihi 25 persen kapasitas tempat wisata, maka kendaraan akan diputarbalikkan.

Baca juga: Polda Banten batasi wisatawan ke Pantai Anyer dan Carita

“Satlantas Polres Cilegon akan memberlakukan kebijakan putar balikkan kendaraan apabila kapasitas wisata telah mencapai 25 persen," kata Sigit

Menurutnya, akses masuk wisata Anyer seperti simpang Jalan Lingkar Selatan (JLS) Kota Cilegon, simpang Mancak, dan simpang Teneng Cinang Kabupaten Serang akan dikawal petugas.

"Satlantas Polres Cilegon akan mengawal ketat penerapan protokol kesehatan demi mencegah penyebaran COVID-19 di daerah hukum Polres Cilegon," katanya.

Pihaknya mengimbau agar para wisatawan yang akan berwisata ke Pantai Anyer dan Pantai Cinangka selalu memperhatikan protokol kesehatan COVID-19 dengan menjalankan 5 M, yaitu harus memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir, menjaga jarak menghindari kerumunan dan mengurangi mobilisasi massa.

Salah seorang warga Kampung Sirih Anyer, Siti Robiah mengatakan, setiap akhir pekan, sejak pertengahan Agustus 2021 lalu, para pengunjung atau wisatawan yang datang ke Pantai Anyer dan sekitarnya mulai ramai terutama saat libur akhir pekan. Kondisi tersebut membawa berkah bagi masyarakat sekitar karena kembali bisa berjualan setelah hampir dua tahun kondisi wisata Anyer sepi pengunjung karena dampak COVID-19.

"Alhamdulillah sekarang mulai ramai lagi wisatawan ke Anyer, masyarakat di sini merasa bersyukur karena kembali bisa berjualan," kata Siti. 

Baca juga: Objek wisata Pantai Anyer kembali geliat di masa PPKM
Baca juga: Polda Banten sekat kendaraan menuju Pantai Anyer

Pewarta: Mulyana
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2021