Pendidikan adalah salah satu kunci penting yang diperlukan untuk dapat memiliki daya saing dalam memasuki era revolusi industri 4.0
Depok (ANTARA) - Platform pembiayaan pendidikan Danacita bersama Universitas Nusa Mandiri (UNM) Jakarta menyiapkan Program Beasiswa Digital yang mencapai Rp3,6 miliar untuk sebanyak 300 calon mahasiswa terpilih sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan.

"Dengan menghadirkan pembiayaan pendidikan terjangkau bagi pelajar dan tenaga profesional, kami ingin membuka peluang untuk lebih banyak lagi anak muda Indonesia menempuh pendidikan tinggi dan meraih pendidikan impian mereka," kata Direktur Utama Danacita Alfonsus Wibowo dalam jumpa pers secara daring, yang dipantau di Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan adanya kesempatan untuk meluncurkan program Beasiswa Digital dengan pihak UNM juga merupakan bagian dari komitmen besar kami untuk memperluas akses pendidikan bagi seluruh anak bangsa.

Danacita yang merupakan platform pembiayaan pendidikan yang bertujuan untuk memperluas akses pendidikan tinggi dan pelatihan di Indonesia, adalah salah satu anak perusahaan ErudiFi, perusahaan berbasis teknologi dengan misi membangun masa depan yang lebih cerah untuk anak-anak muda se-Asia Tenggara.

Tujuan tersebut mendorong Danacita menjalin kerja sama dengan Universitas Nusa Mandiri (UNM) untuk menyediakan program pembayaran bulanan bagi seluruh pelajar UNM.

"Kerja sama ini dilakukan sejalan dengan misi besar Danacita, yaitu 'Making Education Affordable' yang juga sejalan dengan komitmen dari UNM untuk melahirkan generasi muda yang berkualitas serta bertalenta digital di masa mendatang," katanya.

Menurut dia pendidikan adalah salah satu kunci penting yang diperlukan untuk dapat memiliki daya saing dalam memasuki era revolusi industri 4.0.

Karena itu, katanya, wajar jika permintaan terhadap akses pendidikan tinggi berkualitas terus meningkat dari tahun ke tahun.

Program beasiswa kuliah secara penuh atau 100 persen bagi lulusan SMA/SMK sederajat yang disebut sebagai Program Beasiswa Digital juga merupakan hasil dari kerja sama erat antara UNM dan Danacita untuk membantu lebih banyak lagi pelajar menempuh kuliah di beberapa program studi UNM, yaitu Manajemen, Data Sains dan Bisnis Digital pada tahun Akademik 2021/2022 ini.

Selanjutnya, penerima Beasiswa Digital akan dibebaskan biaya pada semester 1 dan 2. Untuk semester 3 dan seterusnya, beasiswa diberikan berdasarkan capaian Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dari mahasiswa.

Untuk pendaftarannya sendiri, calon mahasiswa diwajibkan untuk mengikuti ujian saringan,dan melakukan pendaftaran melalui aplikasi PMB Nusa Mandiri.

Formulir seleksi beasiswa akan diberikan saat calon mahasiswa telah mengikuti ujian. Jika lolos ujian saringan maka calon mahasiswa nantinya akan dipilih melalui seleksi akademis dari UNM dan Danacita yang berlangsung mulai tanggal 1-20 Agustus 2021.

Calon mahasiswa harus menyertakan dokumen, seperti salinan nilai rapor terakhir dan menulis esai singkat sebanyak 300 kata yang menjelaskan bagaimana program studi UNM dapat membantu mahasiswa di masa depan untuk meraih mimpinya.

Pengumuman beasiswa akan dilakukan pada tanggal 28 Agustus 2021, dan bagi mahasiswa yang menerima beasiswa akan melanjutkan proses daftar ulang tanggal 30 Agustus 2021.

Selanjutnya, mahasiswa bisa mengikuti tahun akademik 2021/2022 yang dimulai pada bulan September 2021.

"Kerja sama Program Beasiswa Digital ini dapat memberikan kesempatan yang luas kepada masyarakat untuk memperdalam ilmu pengetahuan dan melanjutkan studi di perguruan tinggi. Sehingga setiap generasi muda dapat meraih pendidikan terbaik di Indonesia," kata Alfonsus Wibowo.

Sejak berdiri di tahun 2018, Danacita telah berhasil memberikan solusi pembiayaan bagi ribuan pelajar untuk dapat kuliah di kampus pilihan mereka di lebih dari 100 kampus di seluruh Indonesia. Danacita juga telah terdaftar sebagai platform P2P (peer to peer) lending di OJK

Sementara itu, Rektor Universitas Nusa Mandiri (UNM) Dr Dwiza Riana menyambut baik kerja sama tersebut dan menjelaskan kerjasama Ini juga memberikan kesempatan bagi masyarakat di masa-masa pandemi untuk tetap bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan

"Pandemi ini adalah masa yang sulit bagi sebagian orang, akan tetapi kesempatan untuk tetap belajar harus tetap terbuka," dan Beasiswa ini adalah satu dari sekian banyak beasiswa yang tersedia di Universitas Nusa Mandiri," katanya.

Baca juga: Kerja sama, Kemendikbudristek-Kominfo berikan beasiswa talenta digital

Baca juga: Kemenkominfo sediakan 50.000 beasiswa digital

Baca juga: Unram-Kominfo buka regional "Digital Talent Scholarship 2019"

Baca juga: Kominfo sediakan 450 beasiswa pelatihan talenta digital di UGM

 

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021