Kanwil Kumham DKI salurkan 500 paket sembako untuk warga Jakarta Utara

id Bantuan sosial Kumham,Kanwil Kumham DKI,BANSOS,Jakarta Utara

Kanwil Kumham DKI salurkan 500 paket sembako untuk warga Jakarta Utara

Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim (ketiga kanan) bersama Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kumham DKI Jakarta Marcelina Budiningsih (kedua kiri) saat penyerahan bantuan sosial natura kepada perwakilan masyarakat di lima Kecamatan se-Jakarta Utara di halaman Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Jumat (30/7/2021). (ANTARA/ Abdu Faisal)

Jakarta (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kumham) Provinsi DKI Jakarta menyalurkan 500 paket bantuan sosial natura untuk warga Jakarta Utara, Jumat.

Bantuan berupa paket sembilan bahan pokok (sembako) senilai Rp250.000 itu diserahkan secara simbolis kepada perwakilan lima Kecamatan se-Jakarta Utara di halaman Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Jumat.

Baca juga: Kemenkumham salurkan 46.614 paket bantuan sosial bagi masyarakat

"Bantuan berupa barang-barang kebutuhan sehari-hari ini dari Kanwil Kumham Provinsi DKI (Jakarta), kami bekerja sama dengan Ikatan Notaris se-DKI, yang hari ini diwakili Ikatan Notaris Jakarta Utara. Jadi memang ini bentuk tali kasih dari kami, karena masyarakat banyak yang terdampak COVID-19," ujar Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kumham DKI Jakarta Marcelina Budiningsih saat ditemui wartawan di Jakarta Utara, Jumat.

Pemberian 500 paket bantuan sosial natura dilaksanakan secara simbolis kepada perwakilan warga Kecamatan di Jakarta Utara antara lain Pademangan, Penjaringan, Koja, Cilincing, dan Tanjung Priok dengan disaksikan langsung oleh Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim pada pukul 15.00 WIB.
Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kumham DKI Jakarta Marcelina Budiningsih (kedua kiri) menyerahkan bantuan sosial natura kepada perwakilan masyarakat di Kecamatan Penjaringan (kanan) disaksikan Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim (pertama kiri) di halaman Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Jumat (30/7/2021). ANTARA/ Abdu Faisal


Ali mengatakan paket bantuan sosial tersebut akan didistribusikan kepada seluruh warga Jakarta Utara yang sedang menjalani isolasi mandiri karena terpapar virus corona dan juga warga kurang mampu yang mengalami kesulitan akibat situasi pandemi di Jakarta Utara.

"Terima kasih kepada Kanwil Kumham DKI atas sembako 500 paket ini yang nanti akan kami distribusikan ke masyarakat, warga-warga yang isoman dan kurang mampu," ujar Ali.

Ali mengatakan Pemerintah Kota Jakarta Utara memang sedang berupaya membuat warga setempat yang menjalani isoman agar segera pulih kembali.

"Mudah-mudahan apa yang bapak/ibu perbuat hari ini mendapat balasan yang berlipat-lipat dari Yang Maha Kuasa," kata Ali.

Baca juga: Menkumham: Kebijakan pemerintah bukan untuk mengekang masyarakat

Ali mengatakan setiap bantuan yang diberikan saat pandemi ini sangat bernilai harganya. Karena itu, ia mengajak pihak-pihak lainnya untuk turut berpartisipasi dalam menanggulangi bencana non-alam pandemi COVID-19 saat ini.

"Satu bantuan saja sudah membahagiakan satu keluarga. Apalagi kalau jumlahnya 500, wah bahagia sekali," kata Ali.
Dua orang petugas menurunkan satu kotak berisi paket bantuan sosial berupa sembako dari Kementerian Hukum dan HAM Kantor Wilayah DKI Jakarta di halaman Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Jumat (30/7/2021). ANTARA/ Abdu Faisal

Sementara itu, ada sekitar 4.000 paket bantuan sosial natura yang disalurkan oleh Kanwil Kumham DKI Jakarta ke enam wilayah DKI Jakarta dari total bantuan dari Kementerian Hukum dan HAM sebanyak 46.614 paket yang disalurkan kepada masyarakat di seluruh Indonesia.
Isi paket bantuan sosial berupa sembako dari Kementerian Hukum dan HAM Kantor Wilayah DKI Jakarta di halaman Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Jumat (30/7/2021). (ANTARA/ Abdu Faisal)

Isi paket bansos natura antara lain Beras Rojo Lele lima kilogram, gula pasir satu kilogram, minyak goreng botol isi dua liter, satu kaleng susu kental manis, 10 bungkus mi instan, satu kaleng sarden, dua botol handsanitizer, dan satu pcs masker isi tiga buah.

Kanwil Kumham DKI Jakarta juga akan menyalurkan bantuan tunai sebesar Rp100 juta kepada warga yang terdampak langsung pandemi Covid-19 di wilayah Kepulauan Seribu sebagai bagian dari kepedulian Kemenkumham kepada masyarakat yang terpapar Covid-19 di wilayah tersebut.
Kepala Kantor Imigrasi Jakarta Utara Sandi Andaryadi ditemui ANTARA usai penyerahan bantuan sosial natura kepada perwakilan masyarakat di lima Kecamatan se-Jakarta Utara di halaman Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Jumat (30/7/2021). (ANTARA/ Abdu Faisal)

Selain itu, Kepala Kantor Imigrasi Jakarta Utara Sandi Andaryadi mengatakan pihaknya akan bersinergi dengan Pemerintah Kota Jakarta Utara dalam penanggulangan COVID-19 melalui dukungan tenaga vaksinator di wilayah tersebut.

Baca juga: Polda Metro Jaya terima bantuan logistik untuk Vaksinasi Merdeka

"Ada beberapa dokter dan perawat yang saat ini mereka bertugas di Lembaga Pemasyarakatan, Rumah Tahanan dan Rumah Sakit Pengayoman mungkin nanti akan kami perbantukan kepada Pemerintah Daerah untuk bergabung dengan tenaga kesehatan yang sudah ada dalam pelaksanaan vaksinasi kepada warga Jakarta Utara," kata Sandi.

Ia berharap dukungan tenaga kesehatan tersebut mampu memperkuat tenaga kesehatan yang sudah ada dan mempercepat pencapaian vaksinasi COVID-19 di Wilayah Jakarta Utara.

Pewarta : Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar