Jakarta (ANTARA) - Ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon mengalami kekalahan pertama di babak penyisihan Grup A Olimpiade Tokyo 2020 setelah ditundukkan oleh wakil Taiwan, Selasa.

Lee Yang/Wang Chi-Lin menjadi eksekutor bagi Minions dengan skor 21-18, 15-21, 21-17 setelah berjibaku dalam pertandingan ketat selama 51 menit.

Hasil kurang memuaskan ini juga menandai kekalahan pertama Minions dari ganda putra peringkat tiga dunia itu dalam empat pertemuan yang pernah terjadi sejak 2019.

Kevin/Marcus mengawali gim dengan langsung mengalami tekanan dari Lee/Wang. Keunggulan lawan terus terjaga hingga Minions bisa membalikkan keadaan dan menyusul dari skor 10-16 menjadi imbang 16-16.

Lee/Wang pun mempercepat pukulan dan melakukan reli pendek guna menekan Kevin/Marcus. Alhasil Lee/Wang mengamankan kemenangan di gim pertama dalam 14 menit.

Minions menaikkan level permainan di gim kedua, dengan terjadi persaingan yang lebih ketat dibanding gim pembuka.

Kedua pasangan saling kejar-mengejar skor, menambah poin satu demi satu memanfaatkan reli pendek yang diselingi smash keras. Baik Kevin/Marcus dan Lee/Wang saling meningkatkan serangan, meski akhirnya Kevin/Marcus sukses menyamakan skor 1-1 dan memaksa pertandingan pada gim penentu.

Intensitas dan ketegangan di gim ketiga berlangsung tak jauh berbeda dengan gim sebelumnya. Kedua pasangan tetap fokus pada serangan untuk mengejar keunggulan poin.

Dalam gim ini tidak terjadi reli panjang dan poin bisa tercipta hanya dengan tiga atau empat kali pukulan dan pengembalian. Minions yang sempat unggul sayangnya tak bisa bertahan lama dan harus mengakui keunggulan Lee/Wang.

Meski kalah dari Lee/Wang, namun Minions dipastikan lolos dari babak penyisihan grup A bersama ganda putra asal Taiwan itu. Namun penentuan siapa yang menjadi juara dan runner-up grup masih menanti hasil pertandingan dari India vs Inggris.

Baca juga: Greysia/Apriyani tekuk juara dunia Fukushima/Hirota
Baca juga: Praveen/Melati bertemu unggulan teratas di perempat final Olimpiade

 

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2021